Evaluasi Notula Rapat

Evaluasi Notula Rapat – Siswa mampu menulis notula rapat sesuai dengan pola penulisannya.

Tujuan
Setelah mempelajari topik ini, siswa diharapkan mempunyai kemampuan berikut ini.
1. Mengetahui penulisan notula yang benar
2. Mengevaluasi notula yang sudah dibuat

Pada topik-topik sebelumnya, kalian sudah paham bagaimana menulis notula yang baik. Namun, setelah notula dibuat, periksa kembali notula tersebut. Adakalanya ada beberapa hal yang terlewat ketika menulis notula pada saat rapat sedang berlangsung.
Perhatikan contoh notula rapat berikut.

Rapat Panitia Pentas Seni SMA Negeri 11 Bandung

  1. Daftar peserta yang hadir: a. Andi Maulana b. Setia Permana c. Eka Handayani d. Siti Sukaemi e. Dinda Amani f. Reza Sukmana g. Anita Yustinia h. Citra Ramadani i. Dudi Afandi j. Radit Mauladi
  2. Peserta yang tidak hadir:
  3. Nita Rahayu (sakit)
  4. Dodi Kusuma (izin)
  5. Acara Rapat a. Pembukaan b. Penjelasan oleh guru pembimbing (wakil kepala sekolah bidang kesiswaan) c. Pembahasan persiapan panitia secara umum oleh ketua panitia yang meliputi (1) Rancangan acara oleh koordinator seksi acara (2) Persiapan perlengkapan (3) Persiapan konsumsi (4) Persiapan publikasi dan dokumentasi (5) Kesekretariatan (6) Pendanaan
  6. Catatan selama rapat
    a. Acara: masih ada beberapa pengisi acara yang belum fix.
    b. Perlengkapan tinggal deal harga sewa sound system
    c. Konsumsi sudah oke tinggal membayar dp.
    d. Publikasi dan dokumentasi sudah siap. Rencananya, acara pentas seni ini akan diliput oleh Radio Metana.
    e. Dana yang dibutuhkan seperti tercantum pada proposal adalah Rp 25 juta. Sementara itu, dana yang terkumpul saat ini baru ada Rp 12 juta. Namun, masih ada 5 proposal yang belum mendapat respon yaitu dari toko kue Kabita, Ayam Goreng Sutarti, Studio Foto Senang Hati, PT Gilang Gemilang, dan PT Sari Pasundan. Panitia diminta menghubungi mereka pekan depan.
  7. Simpulan Hasil Rapat
    Acara pentas seni yang akan berlangsung tiga pekan lagi harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Kekompakan dan kerja sama antarapanitia harus lebih baik lagi. Kelima perusahaan yang belum merespon proposal kita harus dikejar dan ditanyakan kejelasannya. Rapat selanjutnya akan diadakan pekan depan dengan agenda fiksasi pengisi acara, ketersediaan dana, dan pematangan kegiatan.

Ketua Panitia                                                 Notulis

Andi Maulana                                                 Eka Handayani

Setelah notula ini dibuat, baca kembali bersama teman yang mengikuti rapat. Mintalah saran pada peserta rapat apakah ada poin yang tidak tertulis dalam notula tersebut. Ternyata, dalam contoh notula di atas terdapat poin yang belum dituliskan. Perbaikan notula tersebut adalah sebagai berikut.

Hasil evaluasi

Rapat Panitia Pentas Seni SMA Negeri 11 Bandung

  1. Daftar peserta yang hadir: a. Andi Maulana b. Setia Permana c. Eka Handayani d. Siti Sukaemi e. Dinda Amani f. Reza Sukmana g. Anita Yustinia h. Citra Ramadani i. Dudi Afandi j. Radit Mauladi
  2. Peserta yang tidak hadir: a. Nita Rahayu (sakit) b. Dodi Kusuma (izin)
  3. Acara Rapat a. Pembukaan b. Penjelasan oleh guru pembimbing (wakil kepala sekolah bidang kesiswaan) c. Pembahasan persiapan panitia secara umum oleh ketua panitia yang meliputi (1) Rancangan acara oleh koordinator seksi acara (2) Persiapan perlengkapan (3) Persiapan konsumsi (4) Persiapan publikasi dan dokumentasi (5) Kesekretariatan (6) Pendanaan
  4. Catatan selama rapat
    a. Arahan dari guru pembimbing: dibutuhkan kekompakan panitia agar acara ini dapat berjalan dengan lancar. Untuk acara besar seperti ini jangan lupa meminta izin keramaian kepada pihak kepolisian. Untuk mengurus hal tersebut, panitia dapat berkoordinasi dengan guru dan petugas keamanan sekolah.
    b. Acara: masih ada beberapa pengisi acara yang belum fix yaitu Snada Band, Ramayana Band, dan Teater Kapas.
    c. Perlengkapan sudah siap** tinggal deal harga sewa sound system.
    d. Konsumsi sudah oke tinggal membayar dp.
    e. Publikasi dan dokumentasi sudah siap. Rencananya, acara pentas seni ini akan diliput oleh Radio Metana.
    f. Dana yang dibutuhkan seperti tercantum pada proposal adalah Rp 25 juta. Sementara itu, dana yang terkumpul saat ini baru ada Rp 12 juta. Namun, masih ada 5 proposal yang belum mendapat respon yaitu dari toko kue Kabita, Ayam Goreng Sutarti, Studio Foto Senang Hati, PT Gilang Gemilang, dan PT Sari Pasundan. Panitia diminta menghubungi mereka pekan depan.
    g. Sesuai dengan arahan dari guru pembimbing, Radit ditugaskan untuk menghubungi kepolisian terkait dengan izin keramaian.
  5. Simpulan Hasil Rapat
    Acara pentas seni yang akan berlangsung tiga pekan lagi harus dipersiapkan dengan baik dan matang. Kekompakan dan kerja sama antarpanitia harus lebih baik lagi. Kelima perusahaan yang belum merespon proposal kita harus dikejar dan ditanyakan kejelasannya. Rapat selanjutnya akan diadakan pekan depan dengan agenda fiksasi pengisi acara, ketersediaan dana, kepastian izin kepolisian, dan pematangan kegiatan.

Ketua Panitia                                                 Notulis

Andi Maulana                                                 Eka Handayani

Pada contoh di atas, notula yang sudah diperbaiki diberi tanda biru sehingga notula menjadi sempurna dan sesuai dengan jalannya rapat.

Poin Penting

Setelah notula selesai dibuat, kamu baca kembali dan tanyakan pada teman yang mengikuti acara untuk bersama mengevaluasi notula. Jika ada hal-hal yang luput tidak tercatat, kamu perbaiki sehingga notula tersebut sesuai dengan isi dan jalannya acara.

Evaluasi Notula Rapat | lookadmin | 4.5