Definisi Tema

Definisi Tema – A. Definisi tema

Tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan) dipakai sebagai dasar mengarang, mengubah sajak (KBBI, 2001:1164). Tema adalah gagasan, ide, atau pikiran utama di dalam karya sastra yang terungkap atau pun tidak (Isdriani,Pudji, 2006:73). Tema adalah gagasan pokok atau pokok persoalan yang dikemukakan oleh penyair(Isdriani, Pudji,2006:15). Tema adalah pokok pikiran; dasar cerita dalam karangan(Kamus Bahasa Indonesia Untuk Pelajar, 2011:543). Tema adalah gagasan, ide pokok, atau pokok persoalan yang menjadi dasar cerita(EnsiklopediSastra Indonesia, 2004:803). Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud tema adalah gagasan pokok atau pokok pikiran di dalam karya sastra yang menjadi dasar cerita.

B. Definisi puisi

Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra,rima, serta penyusunan larik dan bait(KBBI, 2011:433). Puisi merupakan karya sastra yang sangat memperhatikan pilihan kata dan kepaduan bunyi(Kompeten Berbahasa Indonesia, 2007:104). Puisi adalah ragam sastra yang pada awal perkembangannya memperlihatkan ciri khusus, yaitu bahasa yang dipergunakan sangat terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunannya juga sangat terikat pada larik dan bait(Ensiklopedi Sastra Indonesia, 2004:639). Puisi adalah karya tulis hasil perenungan seorang penyair atas suatu keadaan atau peristiwa yang diamati, dihayati, atau dialaminya(Bahasa dan Sastra Indonesia, 2004:28). Dari beberapa definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa puisi adalah karya sastra hasil perenungan seorang penyair atas suatu keadaan yang diamati, dihayati atau dialaminya yang bahasanya terikat oleh rima, matra, irama, serta penyusunan larik dan bait dan memperhatikan pilihan kata serta kepaduan bunyi. Jadi dari definisi-definisi serta kesimpulan di atas dapat disimpulkan bahwa tema puisi adalah pokok pikiran yang menjadi dasar cerita sebuah puisi.

C. Contoh puisi bertema penyesalan

Menyesal
karya Ali Hasjmi

Pagiku hilang sudah melayang,
Hari mudaku sudah pergi,
Kini petang datang membayang,
Batang usiaku sudah tinggi.

Aku lalai di hari pagi, Beta lengah di masa muda, Kini hidup meracun hati, Miskin ilmu, miskin harta.

Kepada yang muda kuharapkan,
Atur barisan di pagi hari,
Menuju arah padang bakti.

Tema puisi di atas adalah…
A. Penyesalan
B. Hari muda telah pergi
C. Apa gunanya menyesal
D. Harapan
E. Menuju padang bakti

Pembahasan :

Jawaban A benar, karena puisi tersebut berisi seseorang yang menyesali masa mudanya yang tidak menuntut ilmu sehingga saat tua ia miskin ilmu dan miskin harta, ketika mereka tua hidup susah karena tidak punya ilmu untuk mempertahankan hidupnya.

Definisi Tema | lookadmin | 4.5