Definisi Samudra

Definisi Samudra – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai samudra.

SAMUDRA

Luas perairan di muka bumi kurang lebih 71% dari luas permukaan bumi seluruhnya dan terdiri dari empat samudra. Apakah yang dimaksud dengan samudra ? Bagaimanakah keadaan samudra yang ada di dunia ? Mari simak bahasan berikut.

A. LAUT DAN SAMUDRA

Samudra adalah kumpulan air di permukaan bumi yang luasnya kurang lebih 71% dari permukaan bumi seluruhnya. Dalam peranannya pada sirkulasi air di dunia, laut dan samudra memiliki ciri-ciri berikut :
• Suhu air laut ditentukan oleh panas yang diterima oleh permukaan laut dari matahari dan akan berubah bila bertemu dengan udara dingin. Jika kita menyelam semakin ke dalam laut, maka semakin berkurang suhu airnya. Suhu di permukaan laut cenderung lebih tinggi dibanding dengan suhu di dasar laut.
• Kadar garam adalah banyak sedikitnya garam yang dikandung oleh air laut. Perbedaan kadar garam air laut disebabkan oleh banyak sedikitnya penguapan yang terjadi, banyak sedikitnya hujan, dan banyak sedikitnya sungai yang bermuara ke laut tersebut.
• Arus laut adalah gerakan air laut, baik yang terdapat di permukaan maupun di bawah permukaan laut. Arus permukaan laut terjadi karena adanya tekanan angin, sedangkan arus bawah laut disebabkan oleh perbedaan suhu dan perbedaan kadar garam yang ada.

Seperti halnya relief daratan, dasar laut pun mempunyai bentuk permukaan yang berbeda. Berbagai bentuk relief dasar laut, antara lain :
a) Tepi benua, yang disebut juga dangkalan atau landasan kontinen. Tepi benua mempunyai kedalaman sampai 200 meter.
b) Lubuk laut, yaitu dasar laut yang berbentuk cekungan.
c) Ambang laut, yaitu dasar laut yang mencuat mendekati permukaan dan memisahkan perairan yang satu dengan perairan lainnya.
d) Gunung laut, yaitu dasar laut yang membentuk gunung di laut, puncaknya tidak menyembul ke permukaan laut karena selalu dihantam ombak.
e) Punggung laut, merupakan dasar laut yang menjulang membentuk pegunungan dan memanjang di laut.
f) Jurang laut (palung), yaitu lembah yang sempit dan amat dalam dengan tebing yang curam dan memanjang. Rata-rata kedalaman sebuah palung berkisar di atas 7.000 meter.
g) Lereng benua, yaitu batas akhir paparan benua yang menukik ke dasar laut lebih dalam. Lereng benua biasanya berbentuk miring atau pun tegak.

Perairan yang terdiri dari samudra, laut, selat, dan teluk memiliki ragam manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat tersebut, di antaranya :
• Sebagai sarana transportasi dan sarana perhubungan berbagai tempat. Laut dapat menghubungkan pulau yang satu dengan pulau lainnya, atau pun dari suatu benua ke benua lainnya.
• Sebagai sumber kekayaan alam. Potensi kekayaan alam yang dapat diambil dari laut, misalnya, berupa ikan, mutiara, rumput laut, dan garam.
• Sebagai sumber barang tambang. Dari laut dapat dieksplorasi dan ditambang bermacam sumber daya alam, seperti minyak bumi, timah, dan larutan magnesium.
• Sebagai sarana olahraga dan rekreasi.
• Sebagai pengatur suhu bumi agar suhu bumi dapat stabil. Atau, dengan perkataan lain, laut berperan sebagai stabilisator suhu bumi.

B. SAMUDRA-SAMUDRA DI DUNIA

Di dunia terdapat empat samudra dengan keadaan dan karakteristik masing-masing, yakni :
1) Samudra Pasifik
Samudra Pasifik merupakan samudra terluas di muka bumi. Samudra Pasifik memiliki luas lebih kurang 166.240.000 kilometer persegi. Samudra Pasifik terletak membentang dari pantai timur Asia dan sebelah timur Benua Australia hingga pantai barat Amerika Utara, Tengah, dan Selatan.
Beberapa karakteristik Samudra Pasifik ialah :
• Di Samudra Pasifik terdapat Arus Panas Kuroshio dan Arus Dingin Oyashio. Pertemuan kedua arus tersebut mengakibatkan suhu air laut menjadi hangat, sehingga baik untuk perkembangan perikanan laut.
• Di dasar Samudra Pasifik sering timbul gempa bumi yang dapat menyebabkan gelombang besar berbahaya atau disebut ‘tsunami’.
2) Samudra Hindia
Samudra Hindia terletak antara pantai timur Benua Afrika, pantai selatan Benua Asia, dan pantai barat Benua Australia, hingga kawasan perairan Antartika. Samudra Hindia luasnya mencapai kurang lebih 73.430.000 kilometer persegi dan berfungsi menghubungkan negara-negara di Asia dengan Afrika.
Beberapa karakteristik Samudra Hindia adalah :
• Samudra Hindia dikelilingi oleh empat benua, yaitu Benua Afrika, Benua Asia, Benua Australia, dan Benua Antartika.
• Samudra Hindia merupakan sumber bagi timbulnya hujan di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan.
• Samudra Hindia lebih aman untuk lalu-lintas laut karena jarang terjadi badai besar.
3) Samudra Atlantik
Samudra Atlantik terletak antara pantai timur Benua Amerika dengan pantai barat Benua Eropa dan Benua Afrika. Luas Samudra Atlantik kurang lebih 86.560.000 kilometer persegi dan merupakan samudra terluas kedua di dunia.
Beberapa karakteristik Samudra Atlantik ialah :
• Secara keseluruhan, Samudra Atlantik terletak pada kawasan bujur barat.
• Samudra Atlantik merupakan samudra tempat munculnya gelombang El Nino dan La Nina.
4) Samudra Arktik
Samudra Arktik terletak di utara Benua Asia, Amerika, dan Eropa. Secara keseluruhan, Samudra Arktik mengelilingi Kutub Utara. Samudra ini merupakan samudra tersempit di dunia. Luas Samudra Arktik sekitar 14.000.000 kilometer persegi.
Beberapa karakteristik Samudra Arktik adalah :
• Samudra Arktik terdiri atas lautan es yang terus membeku sepanjang tahun.
• Samudra Arktik merupakan samudra yang suhunya terdingin dan terendah di antara samudra lain yang ada di dunia.
• Samudra Arktik terletak seluruhnya di kawasan kutub utara.

RANGKUMAN

1) Samudra adalah kumpulan air di permukaan bumi yang luasnya kurang lebih 70,8% dari permukaan bumi seluruhnya.
2) Samudra yang ada di dunia ialah Samudra Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Samudra Arktik.

Definisi Samudra | lookadmin | 4.5