Definisi, Prinsip dan Contoh Esai

Definisi, Prinsip dan Contoh Esai – Memahami prinsip-prinsip kritik dan esai

Tujuan
Siswa mengetahui definisi,prinsip, dan contoh esai.

Sebelumnya,kalian sudah belajar tentang prinsip-prinsip kritik. Kritik berisi pertimbangan baik buruk sebuah karya. Pada pembelajaran kali ini kita akan mengenal prinsip-prinsip esai. Hal ini dilakukan karena kemahiran menulis penting dimiliki oleh siswa sebagai bagian dari pembelajaran proses berpikir, mengutarakan pendapat, serta dapat membangun daya kreativitas.

Definisi Esai

Kamus Besar Bahasa Indonesia memberikan pengertian bahwa esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara singkat berdasarkan sudut pandang penulisnya. Secara etimologi, kata esai berasal dari bahasa Perancis, yaitu essay yang berarti ‘mencoba’, ‘berusaha’, atau ‘berupaya’. Dengan kata lain, kita dapat menganggap esai merupakan karangan yang bersifat argumentatif, yaitu sebuah tulisan yang digunakan sebagai upaya untuk menyampaikan gagasan pribadi penulis (subjektif) terhadap suatu permasalahan.

Pada mulanya, esai digunakan untuk menganalisis karya sastra. Penulisan untuk bidang yang lain disebut artikel. Akan tetapi, kemudian banyak penulis-penulis lain yang menggunakan istilah esai untuk bidang di luar sastra.

Prinsip esai

Prinsip esai pada umumnya sama seperti prinsip pada paragraf, yaitu mengandung unsur gagasan utama dan gagasan penjelas. Gagasan utama adalah suatu permasalahan yang diangkat oleh penulis dan dijadikan sebagai topik paragraf, sedangkan gagasan penjelas adalah informasi yang mendukung, memperkuat, atau menjelaskan permasalahan pada gagasan utama. Gagasan utama dapat dikembangkan dengan pola deduktif, induktif, atau campuran (deduktif-induktif).

Paragraf esai biasanya dikembangkan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan faktual dan imajinatif. Dalam pendekatan faktual, gagasan utama diperluas melalui perincian, contoh, dan pemberian bukti. Esai pada pendekatan ini harus disusun secara logis, analitis, dan kritis sehingga mudah untuk dibuktikan dan sulit untuk disangkal. Dalam pendekatan imajinatif, penulis esai bisa membayangkan apa yang diinginkan atau diharapkan dalam suatu permasalahan yang muncul. Apa pun bentuk pendekatan yang dilakukan, pada prinsipnya sebuah esai selalu dimulai dengan pandangan subjektivitas penulis terhadap masalah yang dibahas.

Berikut contoh penulisan esai.

Poin Penting

  • Esai adalah karangan prosa yang membahas suatu masalah secara singkat berdasarkan sudut pandang penulisnya.
  • Prinsip esai:
  • Dimulai dengan pandangan subjektif penulis
  • Dikembangkan dengan dua pendekatan, yaitu faktual dan imajinatif
  • Pendekatan faktual dilakukan dengan memperluas gagasan utamanya melalui perincian, pembuktian, dan contoh, serta disusun secara logis, kritis, dan mudah dibuktikan.
  • Pendekatan imajinatif dilakukan dengan memberikan gagasan utama berupa bayangan, harapan, atau keinginan penulis terkait suatu masalah.
  • Pola pengebangan paragraf dapat dengan cara deduktif, induktif, atau deduktif-induktif.
Definisi, Prinsip dan Contoh Esai | lookadmin | 4.5