Definisi Negara Filipina, Singapura, dan Thailand

Advertisement

Definisi Negara Filipina, Singapura, dan Thailand – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami negara Filipina, Singapura, dan Thailand.

Definisi Negara Filipina, Singapura, dan Thailand

Definisi Negara Filipina, Singapura, dan Thailand

Filipina, Singapura, dan Thailand

Filipina, Singapura, dan Thailand adalah negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Ketiga negara tersebut berhubungan baik dengan Indonesia. Ketiganya memiliki keunikan tersendiri, namun juga ada beberapa wujud kesamaan dengan Indonesia. Bagaimanakah keadaan negara Filipina? Bagaimanakah keadaan negara Singapura? Bagaimanakah keadaan negara Thailand? Berikut akan dipaparkan lebih lanjut.

A. FILIPINA

Filipina adalah negara berbentuk Republik, dengan Presiden sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Ibukota Filipina ialah Manila, terletak di Pulau Luzon. Sebagian besar wilayah Filipina merupakan wilayah pegunungan. Pegunungan ini merupakan bagian dari rangkaian Sirkum Pasifik. Gunung Apo (2.953 m) yang terletak di Mindanao adalah gunung api tertinggi.

Definisi Negara Filipina, Singapura, dan Thailand

Iklim Filipina dipengaruhi oleh angin musim, dengan ciri curah hujan dan temperatur udara yang rata-rata tinggi. Wilayah yang terletak di bagian timur umumnya lebih basah dibandingkan dengan wilayah bagian barat. Musim hujan terjadi antara bulan Mei hingga November. Musim kemarau terjadi antara Desember sampai April. Filipina sering dilanda angin topan yang berasal dari Samudra Pasifik.

Wilayah Filipina banyak memiliki hutan hujan tropis. Di hutan hujan tropis tersebut, tumbuh sekitar 3.000 jenis pohon, termasuk pohon jati dan rotan. Filipina juga kaya keanekaragaman jenis fauna. Di wilayah ini terdapat sekitar 760 jenis burung, termasuk kakaktua berwarna.

Sebagian besar penduduk Filipina merupakan keturunan Melayu. Diketahui ada sekitar 87 etnis yang tinggal di Filipina. Delapan kelompok terbesar adalah Illocano, Tagalog, Bicolano, Hiligaynon, Ilongo, Samriono, Cebuano, dan Marano. Sebagian besar penduduk Filipina menganut agama Katolik Roma (90%), sementara agama Islam banyak dianut oleh orang Moro di Pulau Palawan dan Mindanao. Agama lainnya adalah Hindu, Buddha, dan kepercayaan roh leluhur.

Sekitar 44% penduduk Filipina bertempat tinggal di pedesaan dan bermata pencaharian sebagai petani Tanaman perkebunan yang paling banyak diusahakan adalah tebu, abaka (serat manila), tembakau, dan kelapa. Daerah perkebunan utama Filipina terdapat di Pulau Negros dan Pulau Luzon.

Industri paling berkembang di negara ini adalah industri tekstil, elektronika, farmasi, dan industri pengolahan aluminium. Kota Zamboanga merupakan salah satu kota industri yang sedang berkembang.

Dalam bidang ekonomi, Indonesia mengimpor madu dan semen putih dari Filipina. Adapun Filipina mengimpor besi, baja, aluminium, dan pupuk dari Indonesia.

B. SINGAPURA

Singapura adalah negara yang berbentuk Republik, dengan Presiden sebagai Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan. Singapura tergabung dalam negara-negara persemakmuran. Ibukota negara ialah Kota Singapura, terletak di bagian paling selatan negara ini.

Pada bagian tengah Singapura terdapat perbukitan dengan puncak tertinggi Bukit Timah (177 m). Di bagian barat laut wilayahnya ditandai oleh adanya bukit-bukit rendah. Di bagian selatan ditandai adanya rawa dan daerah lainnya berupa dataran rendah.

Singapura beriklim tropis, dimana temperatur dan kelembaban udaranya cukup tinggi. Curah hujan di Singapura relatif tinggi. Seperti juga Indonesia, Singapura mengalami musim hujan dari September hingga Maret, saat bertiup angin muson dari timur laut. Adapun musim kemarau berlangsung dari April hingga Agustus, ketika bertiup angin muson barat daya.

Sebagian besar penduduk Singapura merupakan keturunan Cina (77%). Sisanya terdiri atas orang Melayu, India, Pakistan, dan keturunan Eropa. Singapura merupakan negara industri dan perdagangan terbesar di Asia Tenggara. Wilayah industri Singapura, antara lain, Jurong Industrial Estate. Wilayah ini merupakan kompleks industri yang lengkap dengan pelabuhan. Di wilayah tersebut dibangun berbagai jenis industri, misalnya pengolahan minyak dan hasil sampingannya, elektronika, aneka logam, alat pengangkutan, dan industri-industri berat lainnya.

Dalam bidang perdagangan, Indonesia merupakan salah satu pemasok bahan mentah seperti minyak bumi, karet, timah, tembakau, kopi, teh, kelapa sawit, udang, dan lada ke Singapura. Adapun Singapura memasok aneka barang elektronik, pupuk, bahan kimia, cat, dan peralatan transportasi ke Indonesia.

C. THAILAND

Thailand terletak di jantung daratan Asia Tenggara. Negara Thailand berbentuk Monarki Konstitusional. Kepala Negara dijabat oleh Raja, sementara Kepala Pemerintahan adalah Perdana Menteri. Ibukota Thailand ialah Bangkok.

Iklim Thailand dipengaruhi oleh angin musim. Musim hujan jatuh pada bulan April sampai dengan Oktober, sementara musim kemarau berlangsung dari November hingga Maret. Kawasan hutan banyak terdapat di daerah pegunungan bagian utara dan tenggara. Di sepanjang pantai Teluk Siam masih terdapat hutan payau. Hutan dan sabana banyak terdapat di wilayah dataran tinggi Korat.

Thailand adalah negara agraris. Negeri ini merupakan lumbung padi utama di Asia Tenggara. Daerah pertanian terdapat di daerah aliran Sungai Chao Phraya. Luasnya sekitar delapan juta hektar. Selain padi, dihasilkan juga jagung dan ketela.

Industri yang utama ialah pengolahan hasil pertanian, seperti industri karung goni, gula, kertas, karet, dan penggergajian kayu. Industri lain yang tidak kalah pentingnya adalah industri kendaraan bermotor, rokok, industri kimia, dan industri pengolahan minyak bumi. Dalam bidang ekonomi, kerja sama Thailand dengan Indonesia terjalin dalam bentuk perdagangan. Dari Thailand, Indonesia mengimpor beras dan gula.

RANGKUMAN

1) Filipina adalah negara berbentuk Republik, dengan Presiden sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan.
2) Singapura adalah negara yang berbentuk Republik, dengan Presiden sebagai Kepala Negara dan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan.
3) Negara Thailand berbentuk Monarki Konstitusional. Kepala Negara dijabat oleh Raja, sementara Kepala Pemerintahan adalah Perdana Menteri.

Advertisement
Definisi Negara Filipina, Singapura, dan Thailand | lookadmin | 4.5