Definisi Moral , dan Unsur Ekstrisik

Definisi Moral , dan Unsur Ekstrisik – A. Definisi Unsur Ekstrisik

Unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur dari luar yang memengaruhi isi karya sastra. Unsur ekstrinsik meliputi latar belakang kehidupan pengarang, nilai moral, nilai budaya, nilai agama, dan lain-lain (Isdriani Pudji. 2009: 10). Sementara itu menurut KBBI (1999: 677), sifat-sifat (hal-hal) yg penting atau berguna bagi kemanusiaan: mis. Nilai-nilai agama yg perlu kita indahkan; Nilai-nilai adalah sifat-sifat (hal-hal) yang penting atau berharga bagi kemanusiaan. Dari beberapa sumber di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai adalah sifat-sifat yang penting atau berguna bagi manusia, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk dan sesuatu yang dapat menyempurnakan manusia sesuai dengan.

B. Macam-macam nilai

  1. Nilai budaya
  2. Nilai agama
  3. Nilai moral

C. Definisi Moral:

Moral adalah ajaran tentang baik buruk perbuatan dan kelakuan (kewajiban, akhlak, dsb) (KBBI. 1999: 654). Sementara itu Isdriani, Pudji (2009: 10) Nilai moral adalah nilai untuk manusia sebagai pribadi yang utuh, misalnya kejujuran; nilai yang berhubungan dengan akhlak; nilai tentang ajaran baik, buruk, perbuatan, dan kelakuan ahlak. Menurut sumber-sumber di atas dapat disimpulkan bahwa nilai moral adalah sifat-sifat yang penting berkenaan dengan kesusilaan mengenai baik buruk perbuatan, sikap, kewajiban, akhlak, dan budi pekerti.

D. Contoh soal:

Dengan cermat Martini memperhatikan sekeliling, akan tetapi ia tidak melihat seorang saudara atau kerabatpun yang ia kenal. Sempat terbersit rasa iri dan kecewa ketika ia menyaksikan beberapa rekanannya yang dijemput dan disambut kedatangannya oleh orang tua, anak atau suami mereka. Namun dengan segera ia membuang jauh – jauh pikiran tersebut. Ia tidak ingin suuzon dengan suaminya.

Nilai moral yang terdapat dalam cerita di atas adalah…

a. Martini tidak ingin suuzon pada suaminya.

b. Martini merasa iri dan kecewa melihat rekannya dijemput oleh keluarganya

c. Martini tidak melihat seorangpun saudara atau kerabat yang ia kenal

d. Martini harus pulang sendiri karena tidak ada enjemputnya.

e. Martini dijemput dan disambut kedatangannya oleh orang tua, anak atau suaminya

Jawaban: a

Alasan : Martini tidak ingin suuzon pada suaminya karena Martini membuang prasangka buruk terhadap suaminya.

Definisi Moral , dan Unsur Ekstrisik | lookadmin | 4.5