Definisi, Macam-macam Penokohan dalam Cerpen

Definisi, Macam-macam Penokohan dalam Cerpen – A. Definisi

Penokohan adalah penyajian watak/perilaku tokoh yang digambarkan secara fisik maupun batin.

B. Metode yang digunakan dalam menyajikan watak tokoh

  1. Metode langsung, yaitu pengarang secara langsung menyebutkan watak tokohdalam cerita.
  2. Metode tak langsung, yaitu penyajian watak tokoh melalui pemikiran-pemikiran si tokoh, percakapan, dan pendeskripsian tingkah laku tokoh dalam cerita (Isdriani, Pudji. 2009 : 06).

C. Macam-macam tokoh

1. Tokoh utama

Yaitu tokoh yang paling sering diceritakan.

Contoh:

  • Yasin adalah pemuda yatim yang miskin, secara kebetulan bertemu dengan seorang gadis cantik, putri seorang bangsawan Palembang,gadis cantik itu bernama Molek itu. Saat sedang bersantai di serambi rumahnya yang mewah di dekat sungai, jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Yasin.Demikian pula halnya dengan Yasin. Namun, hubungan cinta mereka tidak mungkin dapat diwujudkan sebab perbedaan status sosial yang mencolok antara keduanya.

Tokoh utama cerita di atas adaah: Yasin dan Molek.

2. Tokoh tambahan

Yaitu tokoh yang tidak terlalu dominan dalam cerita.

Contoh:

  • Ayah Molek mengusir keberadaan Yasin dari balik bilik kamarnya. Ayah Molek sangat marah melihat anak kesayangannya bersenda gurau dengan pemuda miskin di tepi perahu. Yasin pun pergi menjauh ke tengah sungai sambil memandangi Molek yang tampak menangis dari kejauhan.

Tokoh sampingan cerita di atas adalah:ayah Molek, karena ayah Moleh merupakan tokoh sampingan atau pelengkap dari cerita Yasin dan Molek.

3. Tokoh protagonis

Yaitu tokoh yang bersikap baik kepada semua.

Contoh:

  • Nabi Musa yang telah mengalahkan ahli-ahli sihir dengan kedua mukjizatnya makin meluas pengaruhnya, sedangkan Firaun dengan kekalahan ahli sihirnya merasa kewibawaannya merosot dan kehormatannya menurun.

Tokoh protagonist: Nabi Musa.

4. Tokoh antagonis

Yaitu tokoh yang menjadi penentang sehingga menimbulkan konflik cerita kebalikan dari tokoh protagonis.

Contoh:

  • Ia kuatir jika gerakan Musa tidak segera dipatahkan akan mengancam keselamatan kerajaannya serta kekekalan mahkotanya. Para penasihat dan pembantu terdekatnya tidak berusaha menghilangkan rasa kecemasan dan kekhuatirannya, tetapi mereka sebaliknya makin membakar dadanya dan makin menakutu-nakutinya.

Tokoh antagonis cerita di atas: penyihir Fir’aun.

D. Contoh Soal

Setelah kegiatan ekstrakurikuler Pak Harsono atau yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Har mengunci seluruh ruangan yang ada di sekolah. Pak Har selain rajin, juga penggemar burung. Di rumahnya penuh dengan aneka burung.Tanpa disadari Pak Har ada tiga orang siswa yang mengendap-endap mencari celah untuk dapat masuk ke ruang guru yang menyimpan berkas kenakalan mereka. Karto, Juned, dan Brian berniat memusnahkan buku catatan kenakalan mereka. Saat mereka beraksi, tiba-tiba Pak Har melintas karena mendengar suara gaduh di ruang guru. Akhirnya ketiga siswa tersebut dilaporkan ke Kepala sekolah yang segera memanggil ketiga orang tua siswa tersebut untuk diberi pembinaan danketiga orang siswa tersebut harus menanggung seluruh perbuatannya.

Tokoh antagonis: Karto, Juned, dan Brian

Alasan:

Ketiga tokoh di atas tertangkap pesuruh sekolah saat memasuki ruang guru di saat sekolah sudah usai. Dari keterangan diatas dapat diketahui watak Karto, Juned, dan Brian adalah jahat karena sudah diskors masih melakukan tindakan kriminal dengan cara memasuki ruang guru tanpa izin.

Definisi, Macam-macam Penokohan dalam Cerpen | lookadmin | 4.5