Definisi Lingkungan di dalam Biologi

Definisi Lingkungan di dalam Biologi – Halo adik-adik! Bagaimana dengan pelajaran Biologi Topik 1 mengenai Konsep Lingkungan? Sudah bisa dimengerti semuanya? Jika sudah, kalian sekarang akan masuk ke topik selanjutnya. Yuk bersiap-siap dan segera langsung menuju ke sana!

Apa yang Kamu Temukan dalam Suatu Lingkungan

Setelah kalian mengerti definisi lingkungan di dalam Biologi, kini saatnya kalian mengetahui secara lebih detail mengenai apa saja yang ada di dalam suatu lingkungan. Agar kalian mudah mengetahuinya, yuk kita lakukan hal berikut ini.

1. Pertama-tama, cobalah kalian pergi ke halaman rumah atau halaman sekolah.
2. Tuliskan semua komponen biotik dan komponen abiotik dari lingkungan halaman rumah atau halaman sekolah kalian.
3. Setelah itu, perhatikan komponen biotik yang ada di sana secara lebih detail.
4. Kemudian tulis semua tempat hidup dari komponen-komponen biotik tersebut.
5. Coba kalian juga perhatikan, adakah hubungan antara komponen-komponen biotik dengan tempat hidupnya? Adakah juga hubungan antara komponen-komponen biotik dengan komponen-komponen abiotik yang lainnya?

Setelah kalian melakukan hal-hal di atas, kalian akan mendapatkan data dan jawaban. Misalnya saja, data yang kalian peroleh adalah sebagai berikut.
Data tempat hidup dari faktor biotik yang ada di lingkungan halaman sekolah.

Data komponen abiotik dan biotik yang ada di halaman sekolah.

Hubungan komponen biotik dan abiotik di lingkungan halaman sekolah.

Dari data-data di atas, kalian bisa simpulkan bahwa di dalam lingkungan, kalian akan menemukan hal-hal berikut.

1. Di dalam lingkungan selalu ada komponen biotik dan komponen abiotik.

2. Di dalam lingkungan pasti terdapat tempat hidup makhluk hidup (komponen biotik). Tempat hidup dari makhluk hidup ini disebut sebagai habitat.

3. Di dalam lingkungan itu terdapat hubungan yang erat di antara komponen-komponennya. Baik itu di antara komponen biotik dengan komponen abiotik, komponen biotik dengan. biotik lagi, atau pun komponen abiotik dengan komponen abiotik lainnya.

Contoh hubungan komponen biotik dan abiotik: lumut habitatnya adalah di tempat yang lembap. Jadi di sini, komponen biotik (lumut) membutuhkan komponen abiotik berupa tempat hidup dengan kelembapan yang tinggi.
Contoh hubungan komponen biotik dan biotik lagi: anggrek yang selalu tumbuh pada tumbuhan lain.
Contoh hubungan komponen abiotik dan abiotik lainnya: tempat yang mempunyai air yang banyak pasti mempunyai kelembapan yang tinggi, dan sebaliknya.

Definisi Lingkungan di dalam Biologi | lookadmin | 4.5