Close Klik 2x

Definisi, Langkah dan Contoh Menulis Paragraf Argumentatif

Advertisement

Definisi, Langkah dan Contoh Menulis Paragraf Argumentatif – Siswa mampu menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif.

Pada topik ini kalian akan mempelajari tentang menulis paragraf argumentatif untuk mendukung suatu pendapat.

Definisi Paragraf Argumentatif

Paragraf argumentatif merupakan jenis paragraf yang mengungkapkan gagasan, ide, atau pendapat dari penulis dengan disertai fakta-fakta dan bukti. Dalam paragraf jenis ini, penulis menuliskan pendapat dalam bentuk kalimat-kalimat yang disertai dengan penjelasan dan alasan yang kuat dengan tujuan agar pembaca bisa terpengaruh dengan paragraf argumentatif yang dibuat penulis tersebut.
Dasar dari paragraf argumentatif adalah cara berpikir yang kritis dan logis. Hal tersebut harus didukung oleh berbagai fakta yang bisa dipertanggungjawabkan. Ada beberapa cara untuk bisa mendapatkan fakta-fakta tersebut, di antaranya sebagai berikut.
1. Fakta dari bahan-bahan berupa bacaan contohnya seperti buku, majalah, koran, internet, dan masih banyak lagi.
2. Fakta dari kegiatan wawancara atau quesioner.
3. Fakta yang berasal dari penelitian atau pengamatan yang dilakukan secara langsung dengan cara observasi.
Paragraf argumentatif memiliki ciri-ciri tersendiri. Ciri-ciri paragraf argumentatif tersebut adalah sebagai berikut.
1. Dibuat untuk penulisan karya yang bersifat nonfiksi.
2. Memiliki simpulan pada akhir paragraf.
3. Memiliki bukti-bukti atau fakta yang menjadi dasar dari argumen yang dituliskan misalnya berupa tabel, data, gambar, dan lain-lain.
4. Memberikan asumsi kepada pembaca dengan tujuan agar pembaca yakin dengan apa yang disampaikan dalam paragraf tersebut sebagai sesuatu yang benar.

Menulis Paragraf Argumentatif

Sebelum mulai menulis paragraf argumentatif ada baiknya untuk mengetahui karakteristik dari paragraf argumentatif, diantaranya sebagai berikut.

1. Kalimat pendahuluan atau kalimat utama merupakan pernyataan atau gagasan penulis yang bisa menarik perhatian pembaca.
2. Terdapat kalimat penjelas yang berisi argumen yang bertujuan untuk membuktikan kebenaran dari gagasan awal penulis.
3. Ditutup dengan kalimat berupa simpulan yang menegaskan gagasan awal dari penulis.

Langkah Menulis Paragraf Argumentatif

       Untuk memudahkan penulisan paragraf argumentatif, berikut beberapa langkah untuk menulis paragraf argumentatif.
1. Mulai menyusun beberapa topik pendapat yang bisa dikembangkan.
2. Menyusun kerangka paragraf yang kemudian dikembangkan menjadi paragraf utuh.
3. Penulis bisa menggunakan berbagai jenis kata penghubung seperti oleh sebab itu, oleh karena itu, dengan demikian, dan lain-lain.

Contoh Paragraf Argumentatif

Memilih jurusan kuliah tanpa pertimbangan yang matang akan menyulitkan masa depan seorang calon mahasiswa. Jurusan yang diambil saat kuliah sebaiknya adalah jurusan yang sesuai dengan minat, bakat, dan yang bisa bersaing di masa depan. Berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa dari salah satu universitas di kota besar di Indonesia, sebagian memilih tanpa pemikiran panjang asal bisa masuk universitas negeri dan sebagian memilih sesuai dengan minat dan masa depan yang bisa didapatkan dari jurusan tersebut. Pemilihan jurusan yang tepat akan memberikan dampak positif bagi calon mahasiswa tersebut.

Poin Penting

  1. Paragraf argumentatif merupakan paragraf yang berisi gagasan yang disertai dengan data dan fakta untuk meyakinkan pembaca.
  2. Sumber fakta bisa berasal dari bacaan, wawancara, dan penelitian atau pengamatan.
  3. Menulis paragraf dengan mengumpulkan topik, membuat kerangka paragraf, dan mengembangkan kerangka paragraf menjadi sebuah paragraf argumentatif yang utuh.
Definisi, Langkah dan Contoh Menulis Paragraf Argumentatif | lookadmin | 4.5