Close Klik 2x

Definisi Fakta

Advertisement

Definisi Fakta – A. Definisi Fakta

Fakta adalah hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi (KBBI.2001:312). Fakta adalah hal yang merupakan kenyataan, sesuatu yang benar-benar ada, terjadi dan ada buktinya. Misalnya: ada benda, orang, waktu, tempat, peristiwa, dan jumlah. Fakta bersifat konkret (berwujud), objektif, dan mutlak atau past (Ariyanto,Lutfi.2012: 3). Fakta adalah sesuatu yang konkret atau nyata, benar adanya , dan tidak terbantahkan (Kaji Latih Bahasa dan Sastra Indonesia.2004:24).

Fakta adalah kalimat atau pernyataan yang menyatakan keadaan, kejadian yang berupa data atau angka-angka yang dapat dijadikan pendukung sebuah opini. Kalimat fakta bersifat konkret, mutlak, dan objektif. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa fakta adalah suatu hal kejadian atau peristiwa yang benar-benar ada atau terjadi dan bukan rekayasa serta dapat dipertanggungjawabkan keakurataanya, terlebih fakta memiliki bukti yang kuat berupa data atau angka-angka.

B. Contoh Soal:

Upaya pencarian terhadap korban tenggelam di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap Kecamatan Cilacap Selatan, Cilacap, Sabtu (18/5) malam membuahkan hasil. Korban ditemukan pada minggu (19/5) pagi setelah regu penyelamat dari tim Search and Rescue (SAR) melakukan penyelaman di pantai.

Keterangan Badan Search and Rescue Nasional Pos Cilacap, nelayan yang tenggelam bernama Sapar (50), warga Jalan Cakalang, RT 07, RW 13, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Korban tenggelam ketika sedang berenang mengejar perahu yang talinya terlepas dari dermaga. Korban diduga kelelahan , kemudian terseret arus bawah laut dan tenggelam (Tribun Jateng, 20 Mei 2013 : 8).

Berikut ini yang bukan merupakan fakta adalah…
A. Upaya pencarian terhadap korban tenggelam di Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap
B. Korban ditemukan pada minggu (19/5) pagi setelah regu penyelamat dari tim Search and Rescue (SAR).
C. Tim Search and Rescue menerangkan bhwa korban yang tenggelam adalah seorang nelayan bernama Sapar (50), warga Jalan Cakalang, RT 07, RW 13, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.
D. Korban tenggelam ketika sedang berenang mengejar perahu yang talinya terlepas dari dermaga.
E. Korban diduga kelelahan, kemudian terseret arus bawah laut dan tenggelam.

Pembahasan :

Jawaban E benar, karena pernyataan korban diduga kelelahan adalah bukan fakta, tetapi merupakan opini. Kata dugaan tidak dapat dijadikan fakta, karena bersifat perkiraan.

Jawaban lainnya salah, karena memang merupakan fakta.

Advertisement
Definisi Fakta | lookadmin | 4.5