Definisi Elektromagnet

Definisi Elektromagnet – Jika pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang kemagnetan, maka pada topik ini kita akan belajar tentang elektromagnet. Sebenarnya apa sih elektromagnet itu? Apa pula manfaatnya dalam kehidupan?
Elektromagnet terdiri dari dua kata, yaitu elektro dan magnet. Elektro berarti sifat kelistrikan dan magnet itu, ya magnet. Tentu kamu sudah tahu magnet, kan? Nah, listrik dan magnet itu adalah gejala alam yang saling berkaitan. Ternyata magnet dapat menghasilkan listrik dan sebaliknya listrik juga dapat menghasilkan magnet. Keberadaan elektromagnet sangat berguna dalam kehidupan manusia. Kalian mungkin tidak menyadari bahwa manfaat dari elektromagnet ini dapat dirasakan secara langsung. Contoh dari benda yang memanfaatkan elektromagnet adalah motor listrik dan speaker. Motor listrik digunakan di berbagai peralatan rumah tangga, misalnya blender, mesin cuci, dan kipas angin.
Pernahkah kalian melihat kabel? Ada apa dengan kabel? Kabel adalah pilinan panjang yang dapat digunakan untuk mengalirkan listrik ke pemukiman penduduk atau gedung-gedung lain. Listrik yang “mengalir” di dalam kabel akan menghasilkan magnet, tetapi magnet di dalamnya tidak bisa kita rasakan karena kabel dibalut oleh senyawa nonlogam yang tidak dapat menghantarkan listrik.
Magnet dapat menghasilkan listrik jika magnet digerak-gerakkan di sekitar kumparan berarus. Kumparan adalah lilitan kawat berarus. Saat di tengah kumparan tersebut digerakkan batangan magnet, maka kumparan akan menghasilkan listrik. Jadi, betul kan, bahwa listrik dan magnet itu saling berkaitan.

Nah, sekarang kita bahas mengenai elektromagnet. Elektromagnet adalah magnet yang dibuat menggunakan arus listrik. Cara membuatnya adalah dengan melilit besi atau benda feromagnetik dengan kumparan. Saat kumparan dialiri arus listrik, besi tersebut akan berubah menjadi magnet. Nah, magnet inilah yang disebut dengan elektromagnet. Besi akan menjadi magnet selama dialiri oleh arus listrik. Saat arus listrik dihentikan, besi tidak lagi menjadi magnet. Salah satu keuntungan elektromagnet adalah kita dapat mengendalikan kekuatan magnet yang kita buat. Caranya adalah dengan mengatur kuat arus listrik yang mengalir di kumparan.

Gambar 1. Elektromagnet

Mengapa besi dapat menjadi magnet saat dililiti kumparan berarus ? Nah, jawabannya sebenarnya sudah disebutkan pada topik sebelumnya. Kita dapat membuat magnet ketika momen magnet elektron (magnet elementer/ magnet penyusun) dalam besi dibuat searah. Penyearahan ini dapat dilakukan dengan mendekatkan besi ke medan magnet. Kawat berarus listrik akan menghasilkan medan magnet di sekitarnya. Besi yang berada di dalam kumparan akan terkena medan magnet tersebut sehingga momen magnet elektronnya menjadi searah.
Saat arus listrik dihentikan, tidak ada lagi medan magnet di sekitar kumparan. Hal tersebut menyebabkan momen magnet elektron dalam besi kembali ke posisinya semula sehingga besi tidak lagi bersifat magnetik. Sebenarnya, masih ada sisa momen magnet yang searah, akan tetapi jumlahnya sangat kecil sehingga kekuatan magnetnya tidak terasa.

Definisi Elektromagnet | lookadmin | 4.5