Close Klik 2x

Definisi dan Macam-Macam Majas Personifikasi

Advertisement

Definisi dan Macam-Macam Majas Personifikasi – A. Definisi

Majas adalah peristiwa pemakaian kata yang melewati batas-batas maknanya yang lazim atau menyimpang dari arti harfiahnya, majas yang baik menyarankan dan menimbulkan citra tertentu di dalam pikiran pembaca atau pendengarnya (Kamus Istilah Sastra.1984:48). Majas adalah cara melukiskan sesuatu dengan jalan menyamakan dengan sesuatu yang lain, kiasan (KBBI.2001: 615).

Berdasarkan kedua pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa kiasan atau majas adalah bahasa yang digunakan untuk melukiskan sesuatu sebagai perumpamaan atau ibarat yang dapat menciptakan penciptakan pencitraan bagi pendengar atau pembacanya.

B. Macam-Macam Majas

  1. Metafora
  2. Personifikasi
  3. Repetisi
  4. Alegori
  5. Hiperbola

C. Personifikasi

Adalah perumpamaan (pelambangan) benda mati sbg orang atau manusia. Spt bentuk pengumpamaan alam dan rembulan menjadi saksi sumpah setia(KBBI.2001:864).Personifikasi adalah semacam gaya bahasa kiasan yang menggambarkan benda-benda mati atau barang-barang yang tidak bernyawa seolah-olah memiliki sifat-sifat kemanusiaan (Keraf.1999:140). Personifikasi merupakan sarana bahasa yang memperlakukan objek-objek yang mati ataupun yang bukan manusia sebagai yang hidup atau yang bersifat manusia (Tarigan.1994:169). Personifikasi yaitu majas yang memberikan sifat-sifat manusia ke barang yang tidak bernyawa (Panuti Sudjiman.1984:35). Personifikasi adalah majas penginsanan atau majas pemanusiaan alam yang dianggap manusia, dapat berbicara, bertindak, dan bergerak seperti manusia (E. Zaenal Arifin, Amran Tasai.1985:116). Personifikasi adalah juga penginsananyang menggambarkan benda-benda mati atau tak bernyawa seolah-olah memiliki sifat-sifat manusia; bertindak, berbuat, berbicara seperti manusia(Suparni.1988:226).

Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa personifikasi adalah majas atau gaya bahasa kiasan yang menggambarkan benda-benda mati atau tidak bernyawa yang diperlakukan atau dianggap seperti manusia.

D. Contoh Soal dan Pembahasan

Matahari bangun terlalu pagi, rasanya aku tertidur baru beberapa menit. Teriknya menggelitik wajahku melalui sela-sela jendela. Pelukan hangatnya membuat kantukku hilang. Aku bergegas mengambil handuk dan menghambur ke dalam kamar mandi. Aku harus bergegas. Hari ini aku memiliki banyak janji dengan klien. Dan mereka pasti tak akan mendengar ocehanku soal keterlambatan. Tak ada alasan yang benar-benar masuk akal bagi mereka. Celakanya, saat mendakwa satu orang “jam karet”, seluruh warga Indonesia akan didakwa demikian. Iya, mereka memang pengusaha berlabel WNA. Mereka manusia jam yang kaku pada waktu. Jadi, jangan harap ada maklumat untuk mereka yang telat.

Pada teks di atas terdapat majas…
A. Personifikasi
B. Hiperbola
C. Metafora
D. Simile
E. Asimilasi

Pembahasan :

Jawaban A adalah benar, karena dalam kalimat tersebut kata “bangun” merupakan sifat atau perilaku manusia yang dilekatkan pada matahari yang sebenarnya mengacu pada kata terbit, majas personifikasi merupakan majas yang memberikan sifat-sifat manusia ke barang yang tidak bernyawa.

Definisi dan Macam-Macam Majas Personifikasi | lookadmin | 4.5