Definisi dan Macam-macam Latar Cerpen

Definisi dan Macam-macam Latar Cerpen – A. Definisi Cerpen

Pengertian cerpen menurut E. Kusnadi Dkk. (2009:53), cerita pendek merupakan suatu karya rekaan pengarang, cerita dalam suatu cerpen merupakan hasil pengamatan pengarang atas hidup dan kehidupan yang nyata. Pengertian cerpen menurut Indrawati (2009:38), cerita pendeka dalah tuturan yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu peristiwa atau kejadian. Umumnya, berupa kisahan pendek yang tidak lebih dari 10.000 kata dan memberi kesan tunggal yang dominan dan memusatkan diri pada satu tokoh dalam satu situasi (satu saat). Dari kedua definisi di atas dapat disimpulkan bahwa cerpen adalah merupakan hasil pengamatan pengarang atas hidup dan kehidupan yang nyata.

B. Unsur-unsur Intrinsik Cerpen

  1. Tema.
  2. Alur.
  3. Latar.
  4. Penokohan.
  5. Sudutpandang.
  6. Amanat.

C. Definisi Latar

Pengertian latar menurut Indrawati (2009:64), Latar atau setting merupakan tempat, waktu, dan suasana yang digunakan dalam suatu cerita. Pengertian latar menurut Kusnadi Dkk. (2009:60), Latar tempat atau latar waktu dalam karya sastra akan mempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang ingin diungkapkan pengarang. Pengertian latar menurut KBBI (2001:501), Latar adalah keterangan mengenai waktu, ruang, dan suasana terjadinya lakuan dalam karya sastra. Pengertian latar menurut Suparmin (2009:54), Latarcerita atau setting adalah sesuatu keadaan yang melingkupi pelaku dalam sebuah cerita. Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud latar adalah tempat, waktu, dan suasana yang digunakan dalam suatu cerita yang akanmempengaruhi inti cerita dan pengambilan nilai-nilai yang ingin diungkapkan pengarang, melingkupi keadaan pelaku dalam sebuah cerita.

D. Macam-macam Latar

  1. Latar tempata dalah latar yang menunjukkan dimana pelaku atau cerita terjadi. Misalnya di sekolah, sebuah ruang, rumah sakit, dan sebagainya.
  2. Latar waktu adalah latar yang menunjukkan kapan cerita terjadi. Misalnya sekarang, pada suatu malam, kemarin, lampau dan sebagainya.
  3. Latar suasana adalah latar yang menunjukkan dalam keadaan bagaimana cerita terjadi. Misalnya sedih, gembira, rusuh, dingin, damai, sepi, mencekam, dansebagainya.
Definisi dan Macam-macam Latar Cerpen | lookadmin | 4.5