Definisi dan Macam-Macam Kata Konotasi

Advertisement

Definisi dan Macam-Macam Kata Konotasi – A. Definisi

Menurut KBBI (2008: 725), konotasi adalah tautan pikiran yang menimbulkan nilai rasa pada seseorang ketika berhadapan pada sebuah kata. Konotasi pada dasarnya timbulkarenama salah hubungan sosial atau hubungan interpersonal, yang mempertalikan kita dengan orang lain (GorysKeraf. 2001: 29-30). Konotasi merupakan makna yang berupakiasan atau yang disertai nilai rasa. Nilai rasa tersebut dapat bernilai negatif atau positif.

Konotasi merupakan tautan pikiran yang menimbulkan nilai rasa pada seseorang ketika berhadapan degan sebuah kata; makna yang ditambahkan pada makna denotasi (WJS Poerwadarminta. 2007: 588). Sementara itu menurut Zaenal dan Amran (2008: 28) , konotasi adalah makna asosiatif, makna yang timbul sebagaiakibat dari sikap sosial, sikap pribadi, dan kriteria tambahan yang dikenakan pada sebuah makna konseptual. Berbeda dengan Zainal, menurut Fatimah (2009: 12) , konotasi adalah makna konotatif yang dibedakan dari makna emotif karena yang disebut pertama bersifat negatif dan yang disebut kemudian bersifat positif. Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa konotasi adalah makna kiasan yang disertai nilai rasa terhadap sesuatu.

B. Macam-Macam Konotasi

  1. Konotasi positif merupakan kata yang memiliki makna yang dirasakan baik dan lebih sopan.
    Contoh: Tiga pahlawan reformasi telah gugur lima tahun yang lalu.
    ( Kata “gugur” bermakna mati dalam pertempuran )
  2. Konotasi negatif merupakan kata yang bermakna kasar atau tidak sopan.
    Contoh : Masih ada segerombolan orang yang suka menebang demi keuntungan pribadi (Kata “gerombolan” bermakna kawanan pengacau / perusuh.)

C. Contoh soal dan pembahasan

Sore itu hujan turun dengan lebatnya disertai angin ribut. Atap rumah di dusunku terbang tak tentu arah. Pohon-pohon bertumbangan dan pendudukpun berlarian menyelamatkan diri ke balai desa. Ternyata di balai desa penduduk telah bergerombol saling memeluk keluarganya karena ketakutan.

Kata bergerombol pada teks di atas bermakna…
A. Banyak orang.
B. berombongan.
C. berkelompok.
D. berdesakan.
E. berkerumun.

Pembahasan :

Jawaban C benar, karena orang-orang yang berkumpul di balai desa saling memeluk keluarganya, itu berarti pelukan dalam kelompok untuk saling menguatkan, atau menghilangkan rasa takut. Kata bergerombol bermakna positif.

Jawaban pada kata banyak orang, berombongan, berdesakan, dan berkerumun salah sebab sesuai dengan isi teks.

Advertisement
Definisi dan Macam-Macam Kata Konotasi | lookadmin | 4.5