Definisi dan Jenis Opini

Definisi dan Jenis Opini – A. Definisi

Opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang terhadap sesuatu hal/seseorang (Isdriani ,puji.2003). Sementara itu opini adalah pendapat; pikiran; pendirian (KBBI.2001). Sependapat dengan hal di atas Tim Edukatif (2007) mengatakan bahwa opini adalah penilaian positif atu negative terhadap masalah yang dikupas. Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa opini adalah pendapat tentang suatu hal.

B. Jenis opini

1.      Opini perorangan (subjektif) : pendapat berdasarkan pandangan pribadi/orang-orang tertentu saja tanpa disertai data pendukung.
Contoh: Sepertinya jalanan ini akan banjir.

2.      Opini umum (objektif) : pendapat berdasarkan pandangan (khalayak umum).
Contoh: Menghisap rokok secara berlebihan akan merugikan diri sendiri.

C. Contoh Soal

Udara di Temanggung sangat dingin dingin. Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. Dinginnya suhu udara di Temanggung mencapai 15C. Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan yang berisi informasi pengukur suhu di kantor Badan Metereologi di kota Temanggung. Kabut menyelimuti kota Temanggung. Maka tidak heran jika penduduk baru berani keluar rumah setelah pukul delapan pagi.

Kalimat yang berisi opini pada teks di atas adalah…
A. Udara di Temanggung sangat dingin dingin.

B. Dinginnya suhu udara di Temanggung mencapai 15C.

C. Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan yang berisi informasi pengukur suhu di kantor Badan Metereologi di kota Temanggung.
D. Kabut menyelimuti kota Temanggung.
E. Maka tidak heran jika penduduk baru berani keluar rumah setelah pukul delapan pagi.

Pembahasan :

Jawaban E benar, karena kalimat “Maka tidak heran jika penduduk baru berani keluar rumah setelah pukul delapan pagi” merupakan sebuah opini, sebab disertai dengan kata maka.

Definisi dan Jenis Opini | lookadmin | 4.5