Close Klik 2x

Definisi dan Ciri-ciri Paragraf Persuasif

Advertisement

Definisi dan Ciri-ciri Paragraf Persuasif – A. Definisi

Paragraf persuasi adalah paragraf/karangan yang berisi ajakan. Paragraf persuasi bertujuan untuk membujuk pembaca agar mau melakukan sesuatu yang dikehendaki oleh penulis. Agar pembaca menjadi terpengaruh, maka penulis harus melampirkan bukti dan data-data pendukung.Pragraf persuasif berasal dari kata Per-su-a-sif yang artinya bersifat membujuk secara halus ( supaya menjadi yakin ) hanya dengan cara pendekatan itu dapat dilakukan .

Menurut Tarigan( 1994 : 113), paragraf persuasif adalah karangan yang dapat menarik miat,dan dapat meyakinkan bahwa pengalaman membaca merupakan suatu hal yang amat penting. Sementara itu Keraf (2001 : 119 )menyampaikan bahwa persuasi bertujuan mengubah pikiran orang lain agar dapat menerima dan melakukan sesuatu yang kita inginkan.

Dari beberapa definisi di atas, maka dapat disimpulkan bahwa paragraf persuasi adalah paragraf yang mengungkapkan ide,gagasan,atau pendapat penulis dengan disertai bukti dan fakta dan diakhiri dengan ajakan.

B. Ciri-ciri paragraf persuasif

  1. bahwa pikiran manusia dapat diubah.
  2. Harus menimbulkan kepercayaan para pembacanya.
  3. Persuasi harus dapat menciptakan kesepakatan
  4. Persuasi sedapat mungkin menghindari konflik
  5. Persuasi memerlukan fakta dan data.

C. Karakteristik paragraf argumentasi

  1. Kalimat utama/pendahuluan berupa pernyataan/gagasan penulis yang menarik perhatian pembaca.
  2. Diikuti kalimat-kalimat penjelas yang berisi argumen-argumen untuk meyakinkan atau membuktikan kebenaran gagasan awal penulis.
  3. Disimpulkan dengan penegasan gagasan awal penulis.
  4. Ditutup dengan kalimat ajakan, agar pembaca mengikuti anjuran yang dibuat penulis.

D. Ciri-ciri paragraf persuasif

  1. Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin mengenai topik yang dibahas.
  2. Memerlukan fakta untuk pembuktian berupa gambar/grafik, dan lain-lain.
  3. Menggali sumber ide dari pengamatan, pengalaman, dan penelitian.
  4. Penjelasan disampaikan secara logis
  5. Penutup berisi ajakan kepada pembaca.

E. Contoh Soal dan Pembahasan

Pendidikan merupakan salah satu faktor penentu maju mundurnya suatu bangsa. Adalah sebuah fakta yang tak terbantahkan lagi bahwa pendidikan di indonesia adalah pendidikan yang sangat mahal dan tak terjangkau bagi masyarakat tak mampu. Pada tahun 2010 saja terdapat 1,08 juta siswa SD hingga SMA yang putus sekolah. Biaya pendidikan yang mahal diperkirakan menjadi sebab tingginya angka putus sekolah di tahun 2010 tersebut. Oleh karena itu pemerintah harus menambah anggaran pendidikan lebih besar lagi untuk memberi bantuan kepada rakyat yang tidak mampu membayar biaya sekolah.

Teks di atas merupakan jenis paragraf…
A. Argumentasi
B. Deskripsi
C. Narasi
D. Eksposisi
E. Persuasif

Pembahasan :

Jawaban E benar, sebab teks di atas berisi ajakan yaitu Oleh karena itu pemerintah harus menambah anggaran pendidikan lebih besar lagi untuk memberi bantuan kepada rakyat yang tidak mampu membayar biaya sekolah.

Definisi dan Ciri-ciri Paragraf Persuasif | lookadmin | 4.5