Close Klik 2x

Definisi Cerpen

Advertisement

Definisi Cerpen – A. Definisi Cerpen

Menurut KBBI (2001: 211), cerpen merupakan cerita yang mengisahkan sebagian kecil aspek kehidupan manusia. Sementara itu Nyoman Tusthi E dan Bambang. S mengatakan bahwa cerpen ialah (1) hanya melukiskan kejadian / peristiwa, (2) waktu berlangsung kejadian tidak begitu lama, (3) tempat kejadian berkisar antara satu sampai tiga empat, (4) jumlah pelaku paling banyak lima orang, (5) watak pelaku tak dilukiskan secara mendalam (Rampan.2009:01). Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa cerpen ialah sebuah cerita yang singkat kisahnya, dan kurun terjadinya waktu relatif pendek.

Cerpen disebut cerita pendek karena hanya memuat satu kisah menarik yang dialami oleh pelakunya dan singkat, atau bias dibaca sekali duduk. Cerpen juga memiliki unsur-unsur intrinsik yang dapat membangun cerpen tersebut. Unsur-unsur cerpen meliputi tema, penokohan, latar, alur, sudut pandang pengarang, gaya bahasa, dan amanat.

B. Tema

Menurut KBBI(2001:1164), Tema adalah pokok pikiran.
Tema dapat diartikan sebagai pengungkapan maksud dan tujuan, yang dirumuskan secara singkat dan dirumuskan secara eksplisit dalam bentuk kalimat. Tema adalah gagasan dasar cerita yang kemudian dijadikan patokan penentu peristiwa, jalancerita, pemilihan karakter, dan unsur-unsur lainnya.

Tema terdiri dari:

  1. Tematersuratadalahtematertulis yang terdapatdalamisibacaan.
  2. Tematersiratadalahtema yang tidak tertulis terdapat dalam isi bacaan sehingga untuk mendapatkan tema perlu penalaran.

C. Contoh Soal

Bu Sam marah mempersoalkan larangan bu Mun menimba air.
“Itu sumur umum. Ibu tidak berhak melarang siapapun mengambil air di sana.”
“Siapa bilang itu sumur umum? Sumur itu terletak di tanahku. Aku berhak melarang siapa saja, termasuk Ibu! Cari saja sumur di desa ibu jangan di sini!” Balas Bu Mun,
“Kalau begitu, tanah di makam itu juga tanah sesepuhku. Aku berhak mengusir siapa pun yang di makamkan di sana, termasuk keluarga ibu.!” Dada Bu Mun bergemuruh, area pemakaman itu memang tanah yang diwakafkan keluarga Bu Sam.
“Pindahkan saja makam keluargamu dari tanahku!” “O, jadi seperti itu? Baik! Jangan ada lagi orang di kampungmu yang mengambil air kesini!” Bu Mun tak mau kalah.

Kutipan cerpen tersebut mengandung tema…
a. Kesalahpahamanmendatangkanpetaka

b. Keegoisanmenimbulkankerugianbagi orang lain

c. Keteguhanhatimempertahankantanahwarisan

d. Tuntutanterhadaptanahwarisan

e. Pembongkaranmakamakibatkeegoisan

Jawaban : b.

Alasan : hal yang paling menonjol permasalahan dalam cerpen ini adalah keegoisan seseorang yang mengakibatkan kerugian pada orang lain.

Advertisement
Definisi Cerpen | lookadmin | 4.5