Definisi Amanat

Definisi Amanat – A. Definisi

Menurut KBBI (2000: 35), amanat adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca/pendengar. Sementara itu Hendi, Zaidan (1987: 31), mengatakan bahwa amanat adalah pesan yang hendak disampaikan pengarang melalui karangannya. Sejalan dengan Hendi, Utami (2008: 87) mengatakan bahwa amanat adalah pesan yang terkandung dalamnovel, umumnya merupakan ajaran moral yang bersifat mendidik.

Lain halnya dengan Utamai, menurut Susanto dalam Tarigan (1984 : 176), cerita pendek adalah cerita yang panjangnya sekitar 5000 kata atau kira-kira 17 halaman kuarto spasi rangkap yang terpusat dan lengkap pada dirinya sendiri. Begitu pula menurut Sumardjo dan Saini (1997 : 37) mengatakan bahwa cerita pendek adalah cerita atau parasi (bukan analisis argumentatif) yang fiktif (tidak benar-benar terjadi tetapi dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, serta relatif pendek).

Dari beberapa pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang berupa pemecahan masalah atau jalan keluar terhadap persoalan yang ada dalam cerita.

B. Contoh Soal

“Cika, kamu duduk denganku, ya?” Pinta Gegar siswa tambun di kelasku secara tiba-tiba di depan kelas”. Kulihat Lita dan Sasa tak bisa menahan tawa melihat Gegar pagi itu.

“Maaf Gar, kamu duduk dengan anak laki-laki saja. Aku kan malu!” jawabku spontan.

“Tapi yang lain tidak mau duduk denganku Cik! Kamu kan baik!” kata Gegar dengan memelas. Aku bingung! Kuamati Gegar yang duduk sendiri sambil memandangiku. Timbul rasa kasihan. Tapi aku takut diejek. Sesaat kemudian, aku teringat pesan Mama.

“Walau yang lain tidak suka, kamu harus punya sikap! Berteman atau tidak, turuti isi hatimu!”

Amanat pada kutipan cerpen di atas adalah…

A. Kita hendaknya memilih teman tanpa melihat kekurangan fisik teman.

B. Carilah seseorang yang mau bersahabat dengan kita.

C. Jangan bingung memilih sahabat, ajak saja yang mau bermain.

D. Kalau takut diejek, jangan bersahabat dengan wajah yang jelek.

E. Kita harus saling tolong-menolong.

Jawaban : A

Alasan : Cika tetap mau duduk dengan Gegar yang bertubuh tambun.

Definisi Amanat | lookadmin | 4.5