Close Klik 2x

Data Kependudukan

Advertisement

Data Kependudukan – Data kependudukan adalah segala tampilan data penduduk dalam bentuk resmi maupun tidak resmi yang diterbitkan oleh badan-badan pencatatan kependudukan, dalam berbagai bentuk baik angka, grafik, gambar dan lain lain. Data kependudukan yang dihimpun dari pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil menjadi data agregat penduduk yang meliputi himpunan data perseorangan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kependudukan, antara lain, dimanfaatkan untuk:
1. pelayanan publik, misalnya untuk penerbitan surat izin mengemudi, izin usaha, pelayanan wajib pajak, pelayanan perbankan, pelayanan penerbitan sertifikat tanah, asuransi, jaminan kesehatan masyarakat, dan jaminan sosial tenaga kerja,
2. perencanaan pembangunan, yakni untuk perencanaan pembangunan nasional, perencanaan pendidikan, perencanaan kesehatan, perencanaan tenaga kerja, dan pengentasan masyarakat dari kemiskinan,
3. alokasi anggaran meliputi penentuan Dana Alokasi Umum (DAU) dan perhitungan potensi perpajakan,
4. pembangunan demokrasi, yaitu penyiapan Data Agregat Kependudukan per kecamatan (DAK2) dan penyiapan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4),
5. penegakan hukum dan pencegahan criminal, antara lain, untuk memudahkan pelacakan pelaku kriminal, mencegah perdagangan orang ataupun pengiriman tenaga kerja ilegal.

Data Kependudukan

Data Kependudukan

SOAL 1

Sensus penduduk yang dilakukan hanya kepada penduduk tertentu yang berdasarkan KTP atau KITAS adalah…

SOAL 2

Kependudukan di Indonesia mempunyai ciri-ciri sebagai berikut….

SOAL 3

Suatu sistem kegiatan yang dilakukan oleh petugas pemerintah setempat, meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, perceraian, perubahan tempat tinggal, dan perubahan pekerjaan setiap saat disebut….

SOAL 4

Salah satu manfaat sensus penduduk, selain untuk mengetahui jumlah penduduk adalah untuk….

SOAL 5

Lembaga yang paling berwenang untuk melakukan sensus penduduk di Indonesia adalah.…

SOAL 6

Metode sensus penduduk yang dilaksanakan di Indonesia menggunakan….

SOAL 7

Perhitungan penduduk di suatu tempat berdasarkan penduduk yang ada pada saat dilakukan perhitungan tanpa memperhatikan apakah semua penduduk yang dihitung itu beralamat di tempat perhitungan atau tidak. Perhitungan semacam itu disebut….

SOAL 8

Berdasarkan tipenya, sumber data kependudukan yang telah diolah dan disajikan baik dalam buku teks, laporan penelitian, maupun karya tulis terbitan-terbitan periodik atau buku tahunan disebut….

SOAL 9

Berikut ini yang bukan merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di dunia, adalah….

SOAL 10

Pencacahan jiwa yang dilakukan pada suatu wilayah tertentu dan dianggap telah mewakili wilayah yang lebih luas disebut….

Data Kependudukan | lookadmin | 4.5