Close Klik 2x

Contoh Soal Pengertian OJK

Advertisement

Contoh Soal Pengertian OJK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain. OJK mengemban fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan terhadap lembaga jasa keuangan.
Dalam UU No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan disebutkan bahwa lembaga-lembaga yang berada di bawah pengawasan OJK adalah perbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan atau multifinance, dan lembaga jasa keuangan lainnya. Lembaga jasa keuangan ini mencakup pegadaian (PT Pegadaian), lembaga penjaminan, lembaga pembiayaan ekspor, lembaga pembiayaan sekunder perumahan dan lembaga yang menyelenggarakan pengelolaan dana masyarakat yang bersifat wajib (penyelenggaraan program jaminan sosial, pensiun, dan kesejahteraan).
Secara khusus, UU No 21 Tahun 2011 juga mengatur mengenai pengorganisasian dan tata laksana kegiatan pengaturan serta pengawasan terhadap sektor jasa keuangan. Diharapkan dengan dibentuknya OJK, akan tercapai mekanisme koordinasi yang lebih efektif dalam menangani permasalahan yang timbul dalam sistem keuangan sehingga dapat menjamin tercapainya stabilitas sistem keuangan dan memastikan adanya pengaturan juga pengawasan yang lebih terintegrasi.

Contoh Soal Pengertian OJK

Contoh Soal Pengertian OJK

SOAL 1

… adalah usaha jasa keuangan yang menghimpun dana masyarakat melalui pengumpulan premi, kemudian memberikan perlindungan kepada anggota masyarakat pemakai jasa terhadap timbulnya kerugian karena suatu peristiwa yang tidak pasti.

SOAL 2

Badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat bagi para individu yang telah memasuki usia tidak produktif, disebut …

SOAL 3

Untuk mensosialisasikan tentang jasa keuangan, OJK dapat melakukan serangkaian sosialisasi kepada konsumen pengguna jasa keuangan. Yang bukan termasuk materi sosialisasi oleh OJK adalah…

SOAL 4

Yang bukan termasuk susunan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan adalah …

SOAL 5

Otoritas Jasa Keuangan wajib menyampaikan laporan kepada …

SOAL 6

Perhatikan beberapa lembaga berikut !
(1) Bank Indonesia
(2) Lembaga Pembiayaan
(3) Dana Pensiun
(4) Bank Syariah
(5) Koperasi
Yang merupakan lembaga dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan ialah …

SOAL 7

OJK bersama dengan Menteri Keuangan,…, dan Dewan Komisioner dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) membentuk suatu forum yang dinamakan Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan.

SOAL 8

Perhatikan pernyataan berikut !
(1) Otoritas Jasa Keuangan didirikan berdasarkan UU No. 21 Tahun 2011
(2) Dewan Komisioner adalah pimpinan tertinggi pada Otoritas Jasa Keuangan
(3) Kepimimpinan dalam Otoritas Jasa Keuangan bersifat kolektif kolegial
(4) Komisioner Otoritas Jasa Keuangan diangkat oleh Menteri Keuangan
(5) Otoritas Jasa Keuangan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan
Pernyataan yang benar mengenai Otoritas Jasa Keuangan adalah …

SOAL 9

Pengangkatan dan penetapan calon terpilih sebagai anggota Dewan Komisioner OJK dilakukan oleh…

SOAL 10

Salah satu materi sosialisasi edukasi dan perlindungan konsumen dari Otoritas Jasa Keuangan adalah tentang investasi ilegal karena…

Contoh Soal Pengertian OJK | lookadmin | 4.5