Close Klik 2x

Contoh Soal Pengelolaan Keuangan

Advertisement

Contoh Soal Pengelolaan Keuangan – Masalah pemenuhan kebutuhan hidup menjadi masalah pokok manusia yang tidak pernah terselesaikan. Ketimpangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya yang sangat terbatas disebut kelangkaan atau scarcity.
Penyebab terjadinya kelangkaan, antara lain :
1. Terbatasnya sumber daya alam
Alam tidak seluruhnya dapat memenuhi kebutuhan manusia karena ketersediaan sumber daya terbatas. Ada sumber daya alam yang dalam jangka pendek akan habis, tetapi ada juga sumber daya alam yang habis dalam jangka waktu yang cukup lama. Contoh keterbatasan kini dialami Indonesia dengan ketersediaan bahan bakar minyaknya.

Contoh Soal Pengelolaan Keuangan

Contoh Soal Pengelolaan Keuangan

SOAL 1

Inti masalah ekonomi adalah ….

SOAL 2

Ketimpangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan sumber daya yang sangat terbatas, disebut….

SOAL 3

Perhatikan pernyataan berikut!
1) Bencana alam
2) Penguasaan teknologi
3) Keterbelakangan mental
4) Terbatasnya sumber daya alam
5) Kekuatan pemerintah
Yang bukan merupakan penyebab terjadinya kelangkaan adalah….

SOAL 4

Biaya peluang adalah….

SOAL 5

Ibnu mendapatkan tawaran bekerja di luar kota dengan gaji Rp.2.500.000,- dan perusahaan telekomunikasi dengan gaji Rp.3.500.000,-. Sementara ayahnya mengajak bergabung di perusahaan tempat ia bekerja dengan gaji Rp.6.000.000,-. Ibnu akhirnya memilih menerima tawaran bekerja di luar kota demi mencari pengalaman. Biaya peluang yang dikorbankan Ibnu adalah….

SOAL 6

Permasalahan utama ekonomi manusia adalah terletak pada….

SOAL 7

Kasmadi sedang mencari pekerjaan. Ia ditawari bekerja sebagai karyawan binatu dengan gaji Rp.900.000,- berikut tunjangan transportasi Rp. 400.000,-. Ia juga mendapat tawaran sebagai karyawan rumah makan dengan gaji Rp1.000.000,-. Namun, Kasmadi akhirnya memilih bekerja di sebuah pasar modern bergaji Rp.750.000,- karena jenjang karir yang menjanjikan. Biaya peluangnya adalah….

SOAL 8

Sumiyati bermaksud mengunjungi suatu objek wisata dengan memohon cuti dari tempatnya bekerja. Ia harus membayar tiket Rp.500.000,- dan keperluan berbelanja sebesar Rp.1.000.000,-. Sementara apabila Sumiyati tetap bekerja pada bulan itu, maka ia memperoleh gaji Rp. 2.750.000,- tiap bulan.
Berdasarkan contoh di atas, biaya peluang yang dikorbankan Sumiyati untuk berwisata adalah sebesar….

SOAL 9

Dalam menentukan skala prioritas kebutuhan yang akan dipilih, seseorang harus mempertimbangkan hal-hal berikut ini, kecuali….

SOAL 10

Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan oleh seorang pelajar dalam membiasakan diri mengelola keuangannya, kecuali….

Contoh Soal Pengelolaan Keuangan | lookadmin | 4.5