Close Klik 2x

Contoh Soal Jenis-jenis usaha koperasi

Advertisement

Contoh Soal Jenis-jenis usaha koperasi – Setiap koperasi mencantumkan jenis koperasi dalam anggaran dasar. Pembagian jenis koperasi didasarkan pada kesamaan kegiatan usaha dan/atau kepentingan ekonomi anggotanya. Koperasi dapat digolongkan sebagai berikut.
1) Koperasi konsumen, yaitu koperasi yang menyelenggarakan kegiatan usaha pelayanan di bidang penyediaan barang kebutuhan anggota dan non-anggota.
2) Koperasi produsen, yaitu koperasi yang menyelenggarakan kegiatan usaha pelayanan di bidang pengadaan sarana produksi dan pemasaran produksi yang dihasilkan anggota kepada anggota dan non-anggota.
3) Koperasi jasa, yaitu koperasi yang melaksanakan kegiatan usaha pelayanan jasa non-simpan pinjam yang diperlukan oleh anggota dan non-anggota.
4) Koperasi simpan pinjam, yaitu koperasi yang menjalankan usaha simpan pinjam sebagai satu-satunya usaha yang melayani anggota. Kegiatan koperasi simpan pinjam, antara lain, menghimpun dana dari anggota, memberikan pinjaman kepada anggota, serta menempatkan dana pada koperasi simpan pinjam sekundernya.
Untuk meningkatkan usaha anggota dan menyatukan potensi usaha, koperasi primer dapat membentuk dan/atau menjadi anggota koperasi sekunder. Koperasi primer adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan orang perorangan, sedangkan koperasi sekunder adalah koperasi yang didirikan oleh dan beranggotakan badan hukum koperasi. Adapun tingkatan dan penggunaan nama pada koperasi sekunder diatur oleh koperasi yang bersangkutan.

Contoh Soal Jenis-jenis usaha koperasi

Contoh Soal Jenis-jenis usaha koperasi

SOAL 1

Setiap koperasi mencantumkan jenis koperasi dalam …

SOAL 2

Pembagian jenis koperasi didasarkan pada kesamaan …

SOAL 3

… ialah koperasi yang menyelenggarakan kegiatan usaha pelayanan di bidang penyediaan barang kebutuhan anggota dan non-anggota.

SOAL 4

Koperasi yang melaksanakan kegiatan usaha pelayanan jasa non-simpan pinjam disebut …

SOAL 5

Koperasi yang kegiatannya memberikan pinjaman kepada anggota ialah …

SOAL 6

Untuk meningkatkan usaha anggota dan menyatukan potensi usaha, koperasi primer dapat membentuk dan/atau menjadi anggota …

SOAL 7

Koperasi sekunder beranggotakan …

SOAL 8

Koperasi simpan pinjam sekunder dapat menyelenggarakan kegiatan, kecuali …

SOAL 9

Ketentuan mengenai koperasi berdasarkan prinsip ekonomi syariah diatur dengan …

SOAL 10

Pengawas dan pengurus koperasi simpan pinjam harus memenuhi persyaratan standar kompetensi yang diatur dalam …

Contoh Soal Jenis-jenis usaha koperasi | lookadmin | 4.5