Close Klik 2x

Contoh Soal Bank sentral dan umum

Advertisement

Contoh Soal Bank sentral dan umum – Bank Sentral adalah pelaksana dari kebijaksanaan moneter pemerintah yang ditetapkan oleh dewan moneter. Dewan moneter tersebut merupakan pengelola moneter yang diketuai oleh Menteri Keuangan dan anggotanya adalah Menteri Perdagangan dan Gubernur Bank Sentral. Nama Bank Sentral disesuaikan dengan nama negara yang bersangkutan. Bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia (BI).
Keberadaan bank sentral di indonesia diatur dalam undang-undang nomor 3 tahun 2004 tentang bank indonesia. Bank sentral adalah lembaga keuangan yang dimiliki dan dioperasikan oleh pemerintah. Bank sentral memiliki fungsi utama sebagai penerbit dan penguasa tunggal uang yang diakui sebagai alat pembayaran yang sah. Selain itu, bank sentral juga bertugas untuk mengendalikan moneter dimaksudkan untuk menjaga kestabilan harga dan atau pertumbuhan ekonomi , pengaturan dan pengawasan perbankan dimaksudkan untuk menjaga kestabilan sistem perbankan, pengaturan sistem pembayaran bertujuan untuk mengembangkan sistem pembayaran dan infrastruktur keuangan yang sehat.

Bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan uasaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa lalu lintas pembayaran. Sehingga dalam pelaksanaanya maka bank umum dikategorikan menjadi 2, yakni:
– Bank Umum Konvensional adalah bank yang memilki aktivitas memobilisasi atau menerima dana masyarakat dengan memberikan bunga sebagai bentuk balas jasanya.
– Bank Umum Syariah (Bank bagi hasil) adalah bank yang dalam aktivitasnya tidak menarik bunga dari jasa usahanya, tetapi diperhitungkan mendapat bagian jasa berupa bagi hasil.

Contoh Soal Bank sentral dan umum

Contoh Soal Bank sentral dan umum

SOAL 1

Perhatikan tugas-tugas yang dilakukan oleh bank:

(1). Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk deposito maupun tabungan dengan memberikan bunga sebesar tingkat bunga yang berlaku

(2). Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter dalam rangka mengatur tingkat peredaran uang sehingga terjaga stabilitas nilai rupiah

(3). Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran dalam bentuk mata uang dalam negeri maupun valuta asing

(4). Menyalurkan dana kepada masyarakat dalam bentuk kredit terutama bagi para pengusaha yang memerlukan tambahan modal.

(5). Menyediakan jasa transfer kepada masyarakat luas dalam rangka mempermudah pengiriman uang dalam negeri maupun valuta asing.

Tugas di atas yang merupakan tugas dari bank umum adalah ….

SOAL 2

Perhatikan fungsi-fungsi bank berikut ini:

(1). Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran

(2). Menghimpun dana dari masyarakat

(3). Mengatur dan mengawasi bank

(4). Menyalurkan kredit pada masyarakat

(5). Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter

Fungsi di atas, yang merupakan fungsi bank sentral adalah…

SOAL 3

Kewenangan dari bank umum adalah …

SOAL 4

Perbedaan bank umum konvensional dan bank umum syariah adalah …

SOAL 5

Berikut ini adalah tugas Bank Indonesia yaitu …

SOAL 6

Pinjaman kepada nasabah yang dapat diberikan kepada nasabah dengan mengeluarkan wesel dikenal dengan istilah …

SOAL 7

Simpanan atau deposit yang jatuh tempo tetapi belum ditarik oleh deposan dan bunganya langsung diperhitungkan secara otomatis adalah …

SOAL 8

Bank yang aktivitasnya memobilisasi atau menerima dana dari masyarakat dan memberikan bunga tabungan serta memungut bunga pinjaman tergolong bank …

SOAL 9

Deposit on call adalah tabungan yang dapa diambil ketika …

SOAL 10

Kegiatan menerima simpanan (tabungan) masyarakat pemilik dana, kegiatan ini oleh bank dinamakan …

Contoh Soal Bank sentral dan umum | lookadmin | 4.5