Close Klik 2x

Ciri-Ciri Paragraf Argumentatif

Advertisement

Ciri-Ciri Paragraf Argumentatif – Argumentasi merupakan jenis karangan yang bertujuan untuk meyakinkan pembaca. Menurut Keraf (2003) argumentasi merupakan suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapatorang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang didinginkan oleh penulis atau pembicara.

Agar pembaca yakin dengan apa yang ada dalam tulisan, maka penulis harus memberikan bukti yang kuat terhadap opini yang ditulis. Menurut Keraf (2003) melalui argumentasi penulis berusaha merangkaikan fakta-fakta sedemikian rupa sehingga ia mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal tertentu itu benar atau tidak.

Dari uraian di atas, bisa disimpulkan ciri-ciri paragraf argumentasi yaitu sebagai berikut :

  1. Bertujuan untuk mempengaruhi pembaca sehingga pembaca setuju dan yakin terhadap pendapat yang dikemukakan oleh penulis.
  2. Terdapat pernyataan atau opini yang akan diuji kebenarannya
  3. Terdapaf bukti atau fakta. Bukti atau fakta ini yang digunakan oleh penulis untuk meyakinkan pembaca. Bukti atau fakta bisa berupa table, grafik, gambar, contoh, peristiwa atau kejadian, hasil observasi, hasil wawancara, penelitian kepustakaan, dan sesuatu yang ada di alam ini.
  4. Adanya kesimpulan yang membenarkan opini atau pernyataan melalui data atau fakta.

Contoh :

Paragraf tersebut digolongkan menjadi paragraf argumentasi karena sebagai berikut :

1. Memiliki opini/pernyataan

Industri Kecil dan Rumah Tangga (IKRT) merupakan pilar ekonomi DIY yang sangat penting.

2. Memiliki bukti atau alasan

Yaitu berupa hasil penelitian IKRT DIY merupakan tulang punggung ekonomi daerah karena lebih dari 97 % unit usaha industri merupakan IKRT yang menyerap lebih dari 66 % tenaga kerja DIY yang bekerja di sektor industri.

3. Memiliki kesimpulan yang ditarik dari pernyataan dan bukti yang dikemukkan

Banyaknya jumlah orang yang bekerja pada IKRT memperlihatkan betapa pentingnya peranan IKRT dalam membantu memecahkan pengangguran dan pemerataan distribusi pendapatan.

Ciri-Ciri Paragraf Argumentatif | lookadmin | 4.5