Ciri-Ciri Kalimat Simpulan

Ciri-Ciri Kalimat Simpulan – Siswa mampu menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif.

Tujuan
Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri kalimat simpulan dan membuat kalimat simpulan.

Pada topik sebelumnya, kalian sudah mengetahui macam-macam pola pengembangan paragraf. Kemudian, mengenal kalimat simpulan dalam aneka paragraf. Namun, apakah kalian sudah mengetahui ciri-ciri kalimat simpulan? Mengetahui ciri-ciri kalimat simpulan penting agar kalian bisa membuat simpulan dengan benar. Nah, pada topik inilah kalian akan mempelajari ciri-ciri tersebut.

Pengertian Kalimat Simpulan

Dalam sebuah paragraf pasti terdapat kalimat utama. Kalimat utama berisi ide pokok, yaitu gagasan utama yang berisi informasi paling penting dalam sebuah paragraf. Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf dibedakan menjadi dua, yaitu paragraf deduktif dan induktif.

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Dengan kata lain, paragraf deduktif diawali dengan pernyataan umum lalu didukung penjelasan khusus. Sedangkan paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Dengan kata lain, paragraf induktif diawali penjelasan khusus lalu diakhiri dengan pernyataan umum.

Selain itu, dalam sebuah paragraf juga terdapat kalimat simpulan. Kalimat simpulan adalah pernyataan yang dibuat dengan bahasa sendiri dan berisi ringkasan isi pokok paragraf. Dengan demikian, harus dibedakan antara kalimat utama, ide pokok, dan kalimat simpulan.

Ciri-Ciri Kalimat Simpulan

Ciri-ciri kalimat simpulan adalah sebagai berikut.
1. Menggunakan bahasa sendiri;
Kalimat simpulan harus ditulis dengan menggunakan bahasa sendiri dan tidak perlu menuliskan kembali kalimat atau seluruh kalimat dalam paragraf.
2. Berdasarkan ide pokok suatu paragraf;
Kalimat simpulan harus sesuai dengan ide pokok dalam paragraf tersebut.
3. Memuat kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat penjelas.
Di dalam kalimat simpulan perlu ditulis kata-kata kunci yang merupakan bagian dari kalimat-kalimat penjelas dalam paragraf.

Contoh Kalimat Simpulan
Perhatikan paragraf berikut!

Mencintai lingkungan dapat dibuktikan dengan melakukan hal-hal sederhana. Misalnya, membuang sampah pada tempatnya. Hal tersebut terlihat sederhana namun memberikan dampak yang luar biasa. Jika setiap orang sadar akan hal tersebut, lingkungan akan senantiasa bersih dan bebas dari musibah banjir.

Penjelasan

Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif karena kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Penjelasannya dapat dilihat sebagai berikut.
Ide pokok : Bukti cinta pada lingkungan
Kalimat utama : Mencintai lingkungan dapat dibuktikan dengan melakukan hal-hal sederhana.
Kalimat simpulan : Cinta pada lingkungan dapat dibuktikan dengan hal yang sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya.

Perhatikan paragraf berikut!

Bayu selalu tiba di sekolah sebelum jam pelajaran dimulai. Di sekolah, ia akan menyiapkan buku-buku yang diperlukan untuk pelajaran di hari itu. Jika ada pekerjaan rumah, Bayu akan menyelesaikannya di rumah. Di sekolah, ia akan mempelajari materi-materi yang telah dipelajari. Setiap ujian, dia tidak pernah khawatir mendapat nilai yang rendah karena selalu siap kapan pun. Oleh karena itu, Bayu sangat pantas dijadikan siswa teladan di sekolah.

Penjelasan

Paragraf tersebut merupakan paragraf induktif karena kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. Penjelasannya dapat dilihat sebagai berikut.
Ide pokok : Bayu pantas dijadikan siswa teladan.
Kalimat utama : Oleh karena itu, Bayu sangat pantas dijadikan siswa teladan di sekolah.
Kalimat simpulan : Bayu pantas dijadikan siswa teladan di sekolah karena selalu datang tepat waktu dan rajin belajar.

Poin Penting

  1. Kalimat simpulan adalah pernyataan yang dibuat dengan bahasa sendiri dan berisi ringkasan isi pokok paragraf.
  2. Ciri-ciri kalimat simpulan adalah sebagai berikut: ditulis dengan bahasa sendiri, berdasarkan ide pokok, dan memuat kata-kata kunci yang terdapat dalam kalimat penjelas.
Ciri-Ciri Kalimat Simpulan | lookadmin | 4.5