Ciri-ciri dan Karakteristik Paragraf Ekspositif

Ciri-ciri dan Karakteristik Paragraf Ekspositif – Siswa dapat mengidentifikasi dan memahami teks eksposisi baik itu yang disampaikan secara lisan maupun dalam bentuk tulisan.

Teks eksposisi adalah sebuah teks yang ditulis dengan tujuan menjelaskan, memaparkan, mengajarkan, menyampaikan suatu informasi, serta menerangkan ide, pendapat, atau informasi tanpa adanya desakan, imbauan, atau ajakan untuk mengikuti atau menerima apa yang dijelaskan.

Eksposisi bisa juga dikatakan sebagai karangan yang ditulis dengan tujuan untuk menginformasikan sesuatu sehingga dapat memperluas wawasan atau pengetahuan pembaca.

Ciri-ciri teks eksposisi

Pertama, memaparkan pengertian, ide, pendapat tentang sesuatu, cara, metode, serta langkah dalam mengerjakan atau membuat sesuatu dengan penjelasan yang informatif.

Kedua, pemaparan dibuat secara runtut sehingga apa yang dibicarakan dalam teks tersebut menjadi jelas. Ketiga, teks eksposisi bersifat ilmiah dengan sumber yang bisa didapatkan dari penelitian, pengamatan, atau pengalaman. Keempat, pembahasannya objektif, logis, dan sesuai nalar.

Perhatikan teks berikut!

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang cukup populer. Banyak orang yang menggunakan wortel dalam makanannya seperti dalam sup, salad, tumis, dan sebagainya. Wortel memang mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh seperi protein, air, lemak, gula, serat, mineral, antioksidan, dan sebagainya.

Selain dijadikan tumisan, salad, atau sup, wortel juga sering dinikmati dalam bentuk jus. Jus wortel ini biasanya akan ditambah dengan jeruk untuk menambah kesegaran. Manfaat jus wortel ini sendiri antara lain untuk pencegahan penyakit kanker, detoksifikasi, pencegahan racun senja, menjaga agar mata tetap sehat, dan sebagainya.

Wortel juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati demam pada anak-anak, penyembuhan luka bakar, serta mengurangi rasa nyeri pada waktu haid. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan wortel ini.

Mari kita identifikasi!

Dalam teks tersebut, penulis berusaha untuk menjelaskan apa saja kandungan wortel serta manfaat dari jus wortel. Hal ini termasuk pada ciri teks eksposisi yang pertama yaitu adanya pemaparan akan suatu informasi. Dalam teks ini juga informasi dijelaskan secara runtut, dan bersifat ilmiah karena pernyataannya dapat dibuktikan.

Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi

Pertama, adanya kata penghubung antarkalimat seperti jadi, oleh karena itu, dan sementara itu. Kedua, teks eksposisi biasanya menggunakan pengembangan paragraf induktif, deduktif, atau campuran.

Dalam hal ini, paragraf di atas termasuk paragraf deduktif. Hal ini terlihat dari adanya kalimat utama yang terletak di awal paragraf. Ciri kebahasaan teks eksposisi yang lain juga terlihat dari adaya kata penghubung antarkalimat oleh karena itu.

Struktur dalam contoh teks di atas juga membuktikan bahwa teks tersebut adalah teks eksposisi. Struktur dalam teks eksposisi sendiri antara lain: adanya pernyataan umum sebagai pembuka paragraf (dalam teks di atas ada pada paragraf pertama); adanya keterangan yang berisi pemaparan data atau informasi (dalam teks di atas pada paragraf kedua); dan terakhir adanya saran atau kesimpulan di bagian akhir paragraf/teks (dalam teks di atas di kalimat terakhir).

Pola pengembangan yang bisanya digunakan dalam teks eksposisi antara lain polapengembangan ilustrasi, perbandingan atau analogi, klasifikasi, laporan, definisi, serta proses. Penentuan pola pengembangan ini bergantung pada jenis informasi yang akan disampaikan. Misalnya, jika kalian ingin menyampaikan suatu informasi tentang cara membuat sesuatu, yang digunakan adalah pola pengembangan proses. Berbeda jika kalian ingin menjelaskan informasi tentang obat-obatan herbal misalnya. Kalian bisa memilih pola pengembangan definisi atau perbandingan.

Contoh teks eksposisi ini bisa ditemukan dalam buku petunjuk melakukan sesuatu, petunjuk membuat sesuatu, petunjuk penggunaan obat, wacana tentang perbandingan sesuatu, dan sebagainya.

Teks eksposisi selain ada dalam bentuk tulisan juga sering digunakan dalam bentuk lisan. Jika kalian mendengarkan penjelasan tentang cara untuk menyelamatkan diri saat gempa atau banjir misalnya.

Pembicara tentu akan memaparkan secara gamblang bagaimana cara untuk menyelamatkan diri. Hanya saja bentuknya lisan. Contoh eksposisi secara lisan lainnya adalah ketika guru menjelaskan sebuah materi atau informasi.

Poin Penting

• Teks eksposisi merupakan teks yang memaparkan sesuatu.
• Ciri teks eksposisi antara lain objektif, runtut, memaparkan, dan ilmiah.
• Struktur teks eksposisi antara lain pernyataan pembuka atau pendapat, keterangan atau pembahasan lanjutan, serta kesimpulan atau saran.

Ciri-ciri dan Karakteristik Paragraf Ekspositif | lookadmin | 4.5