Cerita Pengalaman

Advertisement

Cerita Pengalaman – A. Definisi

Menurut KBBI (2001: 201), menceritakan adalah cerita tutur yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal (peristiwa, kejadian, dsb).Menurut bahasa indonesia (28/05/2013. 15:55), Pengalaman adalah kejadian atau peristiwa yang pernah dialami.Menurut wikipedia (28/05/2013. 17:51), pengalaman merupakan pengetahuan dan ketrampilan tentang sesuatu yang diperoleh lewat keterlibatan atau berkaitan dengannya selama periode tertentu.

Secara umum, pengalaman menunjuk kepada mengetahui bagaimana atau pengetahuan prosedural, daripada pengetahuan proposisional.

Jadi kesimpulan dari menceritakan pengalaman adalah cerita tutur yang membentangkan bagaimana terjadinya peristiwa yang pernah dialami.

B. Langkah-langkah menceritakan pengalaman

  1. Mengingat pengalaman yang pernah dialami/ kejadian yang dilihat.
  2. Mencatat hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman/ kejadianyang akan disampaikan, dengan menggunakan pedoman berikut:

a. Siapa saja yang terlibat dalam pengalaman?
b. Pengalaman apa yang dialami?
c. Di mana pengalaman tersebut terjadi?
d. Kapan pengalaman tersebut terjadi?
e. Mengapa Anda terkesan dengan pengalaman tersebut?
f. Bagaimana proses terjadinya pengalaman itu?

  1. Mengembangkan catatan yang dibuat menjadi ceritapengalaman yang menarik.
  2. Menceritakan pengalaman/kejadian yang pernah dialami.
  3. Menyampaikan kesan yang dirasakan terhadap pengalaman/kejadian yang dilihat atau didengar. Kesan adalah sesuatu yang terasasesudah melihat atau mendengar sesuatu.

C. Macam-macam menceritakan pengalaman

  1. Pengalaman yang menyedihkan
  2. Pengalaman yang memalukan
  3. Pengalaman yang mengelikan/lucu
  4. Pengalaman yang menyakitkan
  5. Pengalaman yang menggembirakan

D. Contoh Soal dan Pembahasan

Nonton acara televisi bagiku adalah keharusan tetapi aku menonton setelah selesai belajar. Pada saat itu acara yang ditayangkan adalah film, musik, danberita. Biasanya aku menonton film bersama kakakku.Namun hari itu sejak pukul setengah tujuh malam aku dudukdi depan pesawat televisi. Aku memilih channel televisi daerah. Pada saat aku menonton berita, tiba-tibaaku mendengar pembaca berita menyampaikan pemenang lomba menulis esai yangdiselenggarakan oleh Komunitas Kaum Muda Berprestasi di kotaku. Saat wajahkuterpampang di layar kaca bersama beberapa orang pemenang karena aku menjadi juaraII lomba. Tanpa sadar aku berteriak-teriak sambil menunjuk ke layartelevisi.
”Hei, hei, aku masuk televisi! Lihat, aku masuk televisi!” teriakku.Tanpa sadar seraut wajah muncul di depan kamarku, dia adalah sahabatku sejak di SMP dulu. Aku segera tersadar karena ternyata ada orang lain di rumahku. Aku jadi tersipu malu karena telah berteriak kegirangan.

Teks di atas berisi cerita tentang…
A. Pengalaman yang menyedihkan
B. Pengalaman yang memalukan
C. Pengalaman yang mengelikan/lucu
D. Pengalaman yang menyakitkan
E. Pengalaman yang menggembirakan

Pembahasan :

Jawaban B benar, karena cerita di atas merupakan cerita yang memalukan, namun malu yang bersifat positif, hal ini tampak pada pernyataan Aku jadi tersipu malu karena telah berteriak kegirangan.

Advertisement
Cerita Pengalaman | lookadmin | 4.5