Close Klik 2x

Cepat Rambat Gelombang Bunyi

Advertisement

Cepat Rambat Gelombang Bunyi – Pada topik kali ini kita akan mempelajari gelombang bunyi, berapakah cepat rambat gelombang bunyi? Apakah gelombang bunyi dapat merambat pada semua medium?

Pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas getaran dan gelombang. Getaran adalah gerak bolak-balik partikel melewati suatu titik kesetimbangan, sementara gelombang adalah getaran yang merambat atau usikan yang merambat.

Definisi Gelombang

►◄ Jika ditinjau berdasarkan medium perambatannya gelombang dibedakan mejadi dua, yaitu: gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik adalah gelombang yang membutuhkan medium untuk merambat sementara gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak membutuhkan medium untuk merambat.
►◄ Jika ditinjau berdasarkan arah rambatan dan getarannya, gelombang dibedakan menjadi dua, yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Gelombang transversal adalah gelombang yang arah getar tegak lurus dengan arah rambatnya, sementara gelombang longitudinal adalah gelombang yang arah getarnya searah dengan arah rambatnya.
►◄ Jika ditinjau berdasarkan amplitudonya, gelombang dibedakan menjadi dua, yaitu gelombang berjalan dan gelombang berdiri. Gelombang berjalan adalah gelombang yang amplitudonya tetap, sementara gelombang berdiri adalah gelombang yang amplitudonya selalu berubah ubah, tergantung posisinya.

Gelombang bunyi merupakan gelombang mekanik yang berbentuk longitudinal, karena membutuhkan medium untuk merambat dan arah getaran searah dengan arah rambatan (melalui rapatan dan renggangan). Seorang astronaut yang sedang berada di luar angkasa akan melakukan percakapan melalui gelombang radio, karena di luar angkasa merupakan tempat hampa udara sehingga gelombang bunyi tidak akan pernah bisa terdengar.
Berikut ini merupakan syarat terdengarnya gelombang bunyi.

(1) Terdapat sumber bunyi.
(2) Terdapat medium untuk perambatan bunyi.
(3) Adanya penerima yang masih dalam jangkauan bunyi.

        Pada bagian sebelumnya telah dibahas bahwa cepat rambat gelombang adalah jarak tempuh suatu gelombang tiap satuan waktu, atau jarak tempuh dibagi dengan waktu tempuh, dan dirumuskan sebagai berikut.

Keterangan:
v = cepat rambat bunyi (m/s);
s = jarak tempuh (m); dan
t = waktu tempuh (s).

Gelombang bunyi dapat merambat melalui zat padat, cair dan gas. Kecepatan gelombang bunyi dalam zat padat akan bernilai lebih besar dibandingkan saat di zat cair maupun gas. Sebagai perbandingan perhatikan tabel di bawah ini.
Daftar nilai kecepatan bunyi pada berbagai medium

Selain dipengaruhi mediumnya, cepat rambat bunyi juga dipengaruhi oleh suhu medium, sebagai contoh cepat rambat bunyi di udara pada suhu 0o C adalah 332 m/s, sementara cepat rambat bunyi di udara pada suhu 25o C adalah 347 m/s.

Contoh Soal

Sebuah lonceng dibunyikan dalam air (cepat rambat bunyi di air 1500 m/s). Jika 0,7 sekon setelah lonceng dibunyikan pendengar baru mendengar bunyi tersebut, tentukan jarak pendengar dari lonceng.
Penyelesaian
Diketahui:
v = 1500 m/s
t = 0,7 s
Ditanyakan: s ?
Jawab:

Jadi, jarak pendengar dari lonceng adalah 1050 m.

Cepat Rambat Gelombang Bunyi | lookadmin | 4.5