Close Klik 2x

Bumi sebagai Planet

Advertisement

Bumi sebagai Planet – Jika sebelumnya kalian telah belajar tentang peran matahari sebagai bintang, maka pada topik kali ini kalian akan belajar tentang bumi sebagai planet.

Bumi merupakan salah satu planet diantara delapan planet lain yang ada di tata surya dan satu-satunya planet yang dapat dihuni oleh makhluk hidup. Bumi disebut juga sebagai planet biru karena jika dilihat dari luar angkasa, bumi terlihat sebagai bola yang berwarna biru. Hal itu dikarenakan 70% komponen penyusunnya adalah perairan.

Terdapat dua fenomena utama yang terjadi di dalam bumi, yaitu rotasi dan revolusi. Rotasi adalah perputaran bumi pada porosnya, sedangkan revolusi adalah perputaan bumi mengelilingi matahari. Lamanya bumi untuk berotasi adalah 24 jam. Hal ini menyebabkan terjadinya siang dan malam, serta perbedaan waktu antara dua belahan dunia yaitu belahan utara seperti Amerika dan belahan selatan seperti Asia.

Lamanya waktu revolusi bumi adalah 365-366 hari atau satu tahun. Selama berevolusi, bumi akan membentuk bidang ekliptika, yaitu bidang edar antara orbit bumi dan matahari. Adanya revolusi ini menyebabkan gerak semu tahunan matahari dan adanya perbedaan iklim pada beberapa tempat di bumi. Contohnya, di Amerika terdapat 4 musim, yaitu musim dingin atau salju, musim panas, musim gugur dan musim semi, sedangkan di Indonesia hanya terdapat dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Berikut ini merupakan karakteristik bumi sebagai planet yang mengorbit matahari.

Tabel Karakteristik Bumi

Bumi dilapisi oleh udara yang disebut atmosfer dan batuan yang disebut litosfer. Bumi merupakan satu-satunya planet yang dapat dihuni karena jarak antara matahari dan bumi sangat ideal. Selain itu, lapisan udara yang menyelimuti bumi sesuai untuk sistem prnapasan makhluk hidup, contohnya oksigen. Sebagian besar unsur penyusun lapisan dalam bumi adalah besi. Sisanya adalah bahan-bahan seperti magnesium, nikel, dan aluminium.

Bumi memiliki luas sekitar 5 x 108 km2. Artinya, luas bumi hampir sama dengan 70 miliar lapangan sepak bola. Dari permukaan seluas itu, hampir dua pertiganya ditutupi oleh air, seperti laut, danau, sungai, dan samudera. Oleh karenanya bumi biasa disebut planet biru. Salah satu fenomena yang mengakibatkan perubahan luas perairan di bumi adalah pemanasan global. Tahukah kamu arti dari pemanasan global?

Pemanasan global adalah peningkatan suhu pemukaan bumi. Salah satu akibat dari peningkatan suhu bumi adalah mencairnya es di daerah kutub. Es ini akan berubah menjadi air yang kemudian mengalir ke lautan. Jika air dari kutub ini masuk ke lautan, maka permukaan air laut akan bertambah. Artinya air di lautan akan naik dan merendam sebagian pantai. Dengan demikian, permukaan bumi yang tertutupi air akan menjadi semakin besar.

Selayang Pandang

Bumi adalah tempat kita menetap. Kita harus merawatnya bersama-sama. Mulailah dengan melakukan sesuatu yang sederhana seperti menanam pohon di ruang terbuka, tidak membuang sampah sembarangan, serta tidak menghambur-hamburkan air atau kertas. Sayangilah bumi ini. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi.

Bumi sebagai Planet | lookadmin | 4.5