Close Klik 2x

Bulan Sebagai Satelit

Advertisement

Bulan Sebagai Satelit – Dalam topik ini, kalian akan belajar tentang bulan sebagai satelit bumi. Bulan merupakan satu-satunya satelit bumi. Gerakan bulan mengelilingi bumi sama seperti gerakan bumi mengelilingi matahari. Bulan tidak dapat memancarkan cahaya sendiri tetapi memantulkan cahaya matahari. Pada topik ini, kalian akan mempelajari tentang deskripsi bulan, gerakan bulan, fase bulan, dan pengaruhnya bagi kehidupan di bumi. Mari kita pelajari satu per satu.

1. Gerakan Bulan

Sebagai satelit, bulan melakukan 3 gerakan sekaligus, yaitu sebagai berikut.

a. Rotasi, yaitu perputaran bulan pada porosnya.
b. Revolusi, yaitu peredaran bulan mengelilingi bumi.
c. bersama-sama bumi mengelilingi matahari.

Periode rotasi dan periode revolusi bulan ternyata sama, sehingga muka bulan yang tampak menghadap bumi selalu sama, yaitu hanya setengah bagian sedangkan bagian yang lain tidak pernah menghadap bumi. Periode rotasi bulan dibedakan menjadi 2, yaitu sebagai berikut.

a. Periode sideris yaitu waktu yang diperlukan oleh bulan dalam mengelilingi bumi satu kali putaran selama 27,5 hari.
b. Periode sinodis yaitu waktu yang diperlukan oleh bulan dari bulan baru kebulan baru berikutnya selama 29,5 hari.

Berdasarkan waktu satu bulan sinodis ini, disusunlah penanggalan yang disebut dengan tahun komariah atau tahun hijriah. Pada penanggalan hijriah ini, jumlah hari dalam satu tahun adalah 354 hari.

Waktu satu bulan sinodis adalah 29,5 hari, sehingga jumlah hari pada tiap-tiap bulan di tahun hijriah berselang-seling antara 29 hari dan 30 hari. Penanggalan hijriah ini juga mengenal tahun kabisat, jumlah hari dalam satu tahun adalah 355 hari.

2. Fase Bulan

Fase bulan yaitu perubahan bentuk bulan yang terlihat berbeda dalam satu bulan sinodis.

a. Bulan baru yaitu bulan tidak tampak
b. Bulan sabit yaitu bulan tampak seperempatnya
c. Kuartir pertama yaitu bulan tampak separuh
d. Bulan cembung yaitu bulan tampak tiga perempatnya
e. Bulan penuh yaitu bulan tampak penuh

Selanjutnya kembali seperti semula sampai bulan baru lagi.

3. Pengaruh Bulan pada Bumi

Rotasi bulan dan revolusi bulan mengakibatkan terjadinya pasang dan surut air laut. Ketika terjadi pasang, permukaan air laut akan naik. Sebaliknya jika terjadi surut, permukaan air laut akan turun. Pada saat bulan berevolusi terhadap bumi, air laut di bagian bumi yang menghadap bulan akan tertarik gravitasi bulan sehingga terjadi pasang. Sebaliknya, air laut di bagian bumi yang tidak menghadap bulan akan mengalami surut.

Bulan Sebagai Satelit | lookadmin | 4.5