Close Klik 2x

Bidang Miring dalam Kehidupan Sehari-hari

Advertisement

Bidang Miring dalam Kehidupan Sehari-hari – Pada topik ini, kalian akan belajar tentang bidang miring dalam kehidupan sehari-hari. Tahukah kalian mengapa kuli sebuah truk menggunakan papan yang dimiringkan untuk memindahkan tong minyak dari bawah ke atas truk? Temukan jawabannya dalam topik ini.

A. Bidang Miring

Bidang miring adalah suatu bidang datar yang dimiringkan. Bidang miring termasuk pesawat sederhana, yaitu alat sederhana yang memudahkan pekerjaan manusia. Bidang miring digunakan untuk memindahkan benda yang cukup berat ke tempat yang lebih tinggi. Perhatikan ilustrasi berikut ini.

Seorang kuli memindahkan tong minyak bermassa m dari bawah ke atas truk dengan bidang miring. Jika diangkat langsung, gaya yang dibutuhkan sebesar W=mg , dengan gaya ke atas, sebesar gaya berat benda. Jika didorong menggunakan bidang miring yang panjangnya sdan dari ketinggian h, maka gaya yang dibutuhkan dirumuskan sebagai berikut.

FW=hs

F=Whs

F=mghs

Jadi, gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan benda dengan bidang miring, dirumuskan dengan persamaan berikut.

F=mghs

Keterangan:
m= massa benda (kg);
g =percepatan gravitasi (10 m/s2);
h = ketinggian (m); dan
s = panjang bidang miring (m).

B. Keuntungan Mekanis Bidang Miring

Jika menggunakan bidang miring, besarnya keuntungan mekanis yang didapatkan adalah sama dengan berat beban dibagi dengan besarnya gaya yang dibutuhkan untuk mengangkatnya. Secara matematis, dirumuskan sebagai berikut.

KM=WF

KM=mgmghs=sh

Jadi, keuntungan mekanis pada bidang miring sama dengan perbandingan panjang dengan tinggi bidang miring tersebut.

C. Contoh Pemanfaatan Bidang Miring

1. Sekrup

Alur ulir pada sekrup adalah bidang miring yang dibentuk melingkar. Adanya bidang miring pada sekrup inilah yang membuat sekrup dapat bergerak maju mundur ketika diputar atau diulir.

2. Kapak

Pada kapak, dua buah bidang miring disatukan pada salah satu sisi kapak, sehingga sisi kapak tersebut menjadi tajam. Bidang miring pada kapak memberikan gaya samping sehingga membuat kayu lebih mudah terbelah. Bayangkan jika tidak ada bidang miringnya, kapak hanya akan menumbuk kayu, bukan membelahnya.

3. Tangga

Tangga dibuat miring agar orang bisa lebih mudah naik ke tempat yang lebih tinggi. Bayangkan jika tangga dibuat tegak lurus ke atas, pasti berat sekali untuk naik ke atas. Beberapa tangga yang sangat panjang biasanya dibuat bentuk melingkar seperti halnya pada sekrup. Begitu pula dengan jalan-jalan di pegunungan yang dibuat berliku-liku, untuk memudahkan perjalanan ke tempat yang lebih tinggi.

Contoh Soal

Sam akan memindahkan drum minyak seberat 600 N ke atas truk yang tingginya 2 meter dari atas tanah. Jika bidang miring yang digunakan panjangnya 3 meter, berapa gaya yang dibutuhkan Sam?
Penyelesaian
Diketahui:
W = 600 N
h = 2 m
s = 3 m.
Ditanyakan: F ?
Jawab:

F=Whs

F=600×23

F=400  N

Jadi, gaya yang dibutuhkan untuk memindahkan tong minyak adalah 400 N.

Advertisement
Bidang Miring dalam Kehidupan Sehari-hari | lookadmin | 4.5