Close Klik 2x

Benua Eropa dari Tinjauan Geografis dan Faktor Geologis

Advertisement

Benua Eropa dari Tinjauan Geografis dan Faktor Geologis – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan dapat memahami benua Eropa dari tinjauan geografis, faktor geologis, dan negara-negara yang ada di kawasan ini.

BENUA EROPA

Eropa disebut juga Semenanjung Asia karena letaknya yang menyatu dengan daratan Asia. Teletak di antara 600 BT – 110 BB dan 360 LS – 710 LU. Benua Eropa berbatasan dengan :
a. Sebelah Utara, dengan Laut Norwegia dan Laut Barents.
b. Sebelah Timur, berbatasan dengan Benua Asia dan Laut Kaspia.
c. Sebelah Selatan, dengan Laut Hitam, Selat Bosperes, Selar Dardanela, Laut Tengah dan Selat Gibraltar.
d. Sebelah Barat, berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Aspek lain dari Benua Eropa dapat diuraikan sebagai berikut :

1. Keadaan Alam
Berdasarkan relief wilayahnya, dataran di Eropa terbentang dari Rusia sampai Perancis. Dataran-dataran tersebut terletak di beberapa wilayah Eropa, yaitu Rusia, Laut Kaspia, Polandia, Jerman, Belgia, Belanda, dan Perancis. Dengan obyek utamanya berupa Pegunungan Alpen, di Eropa juga banyak dijumpai pegunungan-pegunungan kecil misalnya di Balkan, Spanyol, dan Perancis.

2. Flora dan Fauna
Persebaran flora dan fauna di benua Eropa dikelompokkan menjadi empat bagian, yaitu :
a. Di bagian pedalaman, dengan tumbuhan tundra dan rumput-rumputan.
b. Di bagian Utara, terdapat hutan cemara, pinus, dan konifera.
c. Di daerah pegunungan Alpen dengan hutan tumbuhan campuran dan hutan cemara.
d. Di Mediterania, dengan pohon zaitun dan pinus.

3. Ras Penduduk
Berdasarkan ciri-ciri fisiknya, ras Eropa dibagi ke dalam tiga kelompok yaitu :
a. Bangsa Nor, yaitu kelompok bangsa Norwegia, Inggris, Denmark, sebagian Jerman, dan sebagian Belanda
b. Bangsa Alpen, yaitu kelompok bangsa Perancis, Belgia, Swiss, Polandia, sebagian Jerman, dan Austria.
c. Bangsa Mediteran, yaitu kelompok bangsa Portugis, Spanyol, sebagian Italia, dan Yunani.
Dari persebaran agama, orang Eropa mayoritas memeluk agama Kristen, sementara selebihnya memeluk agama Islam dan Yahudi.

4. Pendidikan dan Bahasa
Warga di Eropa memiliki tingkat melek huruf tertinggi dengan persentase di atas 90%. Hanya beberapa wilayah yang memiliki persentase di bawah rata-rata, seperti Albania dan Portugal. Secara geografis, disebutkan bahwa wilayah di negara Eropa Utara dan Barat memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik dari daerah lainnya karena faktor kemakmuran yang tinggi. Sedangkan dari segi bahasa daerah, Eropa memiliki lebih dari 50 bahasa dan ratusan dialek. Dialek utama induk adalah Baltik, Jerman, dan Roman.

5. Perekonomian
Sebagai salah satu benua yang mengalami Revolusi Industri secara besar-besaran, tidaklah menjadi hal yang aneh bila masyarakat di Eropa memiliki kegiatan yang lebih beragam dalam upaya penghidupannya. Bidang pertanian digeluti beberapa negara yang dekat dengan Laut Tengah, sementara perikanan menjadi andalan negara-negara yang dekat dengan Samudera Atlantik, Arktik, dan Laut Norwegia.

Adapun hasil hutan banyak dihasilkan di Finlandia, Swedia, Perancis, dan Rusia. Hasil hutan utama adalah pulp, kertas, terpentin, dan damar. Pertambangan didominasi oleh negara-negara industri besar seperti Jerman, Inggris, Polandia, Perancis, serta Rusia. Primadona komoditas tambang adalah batu bara, biji besi, dan minyak bumi. Industri yang dikembangkan sangat beragam, mulai dari mesin, logam, elektronik, mobil, pesawat terbang, tekstil, hingga banyak lagi lainnya.

Beragamnya produksi industri yang dihasilkan negara-negara Eropa memampukan sektor perdagangan mencapai volume tertinggi dari catatan ekspor dan impor dunia. Beberapa organisasi yang mereka dirikan sebagai wadah dunia industri mereka antara lain MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) dan Comecon (Council for Mutual Economic Assistance).

RANGKUMAN

1) Benua Eropa terletak di 600 BT-110 BB dan 360 LS-710 LU.
2) Sektor ekonomi di Benua Eropa didominasi kegiatan di bidang industri.

Benua Eropa dari Tinjauan Geografis dan Faktor Geologis | lookadmin | 4.5