Benua Asia dari Tinjauan Geografis dan Faktor Geologis

Advertisement

Benua Asia dari Tinjauan Geografis dan Faktor Geologis – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan dapat memahami Benua Asia dari tinjauan geografis, faktor geologis, dan negara-negara yang ada di kawasan ini.

BENUA ASIA

Benua Asia adalah benua terbesar dan paling padat penduduknya di dunia. Luas Benua Asia Benua mencakup 8,7 % dari total luas permukaan bumi dan dihuni 60% populasi dunia. Bagaimanakah gambaran lengkap mengenai aspek geografis, geologis, dan negara-negara yang ada di Benua Asia ? Berikut akan dipaparkan lebih lanjut.

BENUA ASIA

Benua Asia meliputi sepertiga daratan dunia dengan letak di antara 250 BT-1700 BB dan 110 LS-750 LU. Batas-batas Benua Asia adalah :
1. Sebelah Timur dengan Samudera Pasifik.
2. Sebelah Selatan dengan Samudera Indonesia.
3. Sebelah Barat dengan Benua Afrika, Laut Tengah, dan Benua Eropa.
4. Sebelah Utara dengan Laut Antartika.

Secara geografis, Asia dibagi menjadi beberapa kawasan, yaitu :
1. Asia Timur, dengan Republik Rakyat Cina (RRC), Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan, dan Mongolia sebagai negara yang berada di kawasan ini.
2. Asia Tenggara, dengan Indonesia, Myanmar, Thailand, Filipina, Malaysia, Vietnam, Laos, Kamboja, Brunei Darussalam, Singapura dan Timor Leste sebagai negara yang berada di kawasan ini.
3. Asia Selatan, dengan India, Pakistan, Bangladesh, Nepal, Sri Lanka, Bhutan, dan Maladewa sebagai negara yang berada di kawasan ini.
4. Asia Barat, dengan Arab Saudi, Iran, Turki, Afghanistan, Irak, Oman, Yaman, Suriah, Yordania, Uni Emirat Arab, Israel, Kuwait, Qatar, Siprus, Lebanon, Bahrain dan Palestina sebagai negara yang berada di kawasan ini.
5. Asia Tengah, dengan Kazakhstan, Azerbaijan, Turkmenistan, Uzbekistan, Kirgistan, Tajikistan dan Armenia sebagai negara yang berada di kawasan ini.

Negara-negara di Benua Asia memiliki tingkat keragaman yang sangat tinggi. Di Benua Asia dijumpai beragam agama dengan pemeluk yang merata. Selain itu, juga terdapat banyak ras yang tersebar di negara-negara Asia. Secara lebih terperinci mengenai Benua Asia dapat diuraikan sebagai berikut :

• Kondisi Alam
Berdasarkan keadaan geologisnya, daratan Eropa dan Asia bergabung dalam satu wilayah yang disebut Eurasia. Daratan ini ditandai dengan Pegunungan Himalaya yang berada di Asia. Namun puncaknya, yakni Gunung Everest, membentang di Eropa.

• Iklim
Bentangan luas Benua Asia dan banyaknya lautan atau samudera yang mengelilinginya, menyebabkan Benua Asia memiliki iklim yang berbeda-beda berdasarkan letak geografisnya.
1. Bagian Utara, didominasi suhu yang dingin mencapai -500 C. Daerah padang rumput (tundra) sangat mudah dijumpai di daerah ini karena iklim yang ada.
2. Bagian Tengah, curah hujan di daerah ini sangat rendah dan cenderung kering.
3. Bagian Barat, iklim di daerah ini sangat ekstrem. Salah satunya karena posisinya yang jauh dari laut. Bila musim panas akan terasa sangat panas dan pada musim dingin maka akan teramat dingin.
4. Bagian Selatan, Tenggara dan Timur, iklim di tiga bagian daerah ini bisa dikatakan berubah-ubah sesuai giliran. Bila di suatu bagian mengalami musim dingin, maka di daerah bagian lain akan mengalami musim kemarau.

• Sosial Budaya, Ekonomi dan Ras
Benua Asia dihuni empat ras utama, yaitu Mongoloid, Melayu, Dravida, dan Kulit Putih. Bila ras asal dapat terbilang sederhana, maka berbeda halnya dengan dialek dan bahasa. Masing-masing wilayah memiliki keragaman bahasa daerah dan dialek. Sebagai catatan, di Indonesia saja terdapat sekitar 300 bahasa daerah.

Dari segi potensi ekonomi, mayoritas negara-negara Asia mengembangkan perekonomiannya dengan melakukan budidaya tanaman pertanian. Aktivitas ini sehubungan dengan kondisi iklim yang sangat sesuai untuk kegiatan bercocok tanam.

RANGKUMAN

1) Benua Asia meliputi sepertiga daratan dunia dengan letak di antara 250 BT-1700 BB dan 110LS-750 LU.
2) Negara-negara di Benua Asia memiliki tingkat keragaman yang sangat tinggi. Di Benua Asia dijumpai beragam agama dengan pemeluk yang merata. Selain itu, juga terdapat banyak ras yang tersebar di negara-negara Asia.

Advertisement
Benua Asia dari Tinjauan Geografis dan Faktor Geologis | lookadmin | 4.5