Close Klik 2x

Beberapa Negara Maju di Dunia

Advertisement

Beberapa Negara Maju di Dunia – Ada beberapa negara di dunia yang dapat digolongkan sebagai negara maju, misalnya Amerika Serikat dan Jepang. Bagaimanakah seluk-beluk keberadaan Amerika Serikat dan Jepang? Mari cermati materi pelajaran kali ini.

1. AMERIKA SERIKAT

Amerika Serikat (United States of America) dikenal sebagai negara adikuasa karena mempunyai dominasi kuat terhadap negara-negara lain. Negara ini sangat handal dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mempunyai pendapatan per kapita tinggi, dan tingkat produktivitas unggul.

Amerika Serikat terbagi dalam 50 negara bagian, meliputi 48 negara bagian di daratan utama, Alaska (sebelah barat Kanada), dan Hawaii di Samudera Pasifik. Setiap negara bagian diberi kebebasan mengurus rumah tangga sendiri, misalnya mengelola sumber daya alam dan sumber daya manusia yang ada. Ibukota Amerika Serikat adalah Washington DC.

Kemajuan perekonomian Amerika Serikat dapat diuraikan :
1) Pertanian
Bidang pertanian di Amerika Serikat sangat maju. Kemajuan tersebut karena ditunjang teknologi canggih, pengolahan intensif, dan kerja keras petani. Lahan pertanian negara ini meliputi 47% dari luas wilayah negara. Sistem pertanian yang digunakan adalah monokultur, yaitu satu kawasan untuk satu jenis tanaman. Hasil pertanian Amerika Serikat, antara lain, gandum, jagung, kapas, tembakau, buah-buahan, dan sayuran.
2) Peternakan
Jenis peternakan yang dibudidayakan adalah sapi perah, terdapat di New England, Iowa, Missouri, dan Nebraska. Jenis sapi potong dikembangkan di daerah Dakota dan Nebraska. Jenis peternakan lainnya ialah kuda, babi, dan biri-biri. Peternakan kuda banyak diupayakan di padang rumput sekitar Texas.
3) Pertambangan
Hasil pertambangan Amerika Serikat, antara lain, minyak bumi (di Texas dan California), bijih besi (di sekitar danau-danau besar), serta batu bara (depositnya merupakan yang terbesar di dunia dan terdapat di Pegunungan Appalachia).
4) Industri
Amerika Serikat merupakan negara industri paling maju dan menjadi pesaing negara industri lain. Hasil industri Amerika Serikat, antara lain, mobil, pesawat terbang, pabrik baja, mesin-mesin, elektronik, bahan makanan, produk kimia, pesawat telekomunikasi, dan industri teknologi tinggi (seperti persenjataan, roket, satelit, dan pesawat ruang angkasa).
5) Pariwisata
Objek wisata yang sangat terkenal di antaranya Yellowstone National Park, Grand Canyon,The Great Salt Lake, dan pusat industri perfilman di Hollywood. Selain objek wisata tersebut, Amerika Serikat juga mengandalkan sektor wisata dan teknologinya, di antaranya pusat peluncuran satelit buatan NASA di Pantai Florida.

Secara umum, faktor-faktor yang mempengaruhi kemajuan ekonomi Amerika Serikat adalah :
• Mempunyai lahan pertanian dan peternakan yang luas;
• Kaya bahan tambang;
• Masyarakatnya mempunyai teknologi yang memadai;
• Etos kerja masyarakatnya tinggi;
• Tingkat partisipasi masyarakat di bidang pembangunan tinggi; dan
• Para pemimpinnya mempunyai tanggung jawab yang tinggi terhadap kesejahteraan warganya.

2. JEPANG

Perang Dunia II sebenarnya telah meluluhlantakkan Jepang. Tidak ada yang berpikir dengan kondisi seperti itu Jepang akan bangkit. Namun, ternyata semangat Bushido warisan nenek moyang menjadi sumber kekuatan, sehingga sekarang Jepang berhasil menjadi negara yang sangat maju dalam waktu singkat.

Banyak sebutan yang ditujukan kepada Jepang, antara lain, Dai Nippon (matahari terbit), Macan Asia (kekuatan Asia), negeri Sakura, dan The Four Roses of Japan (dibayang-bayangi empat bencana, yakni tsunami, gempa bumi, banjir, dan topan).

Jepang mampu menciptakan kereta cepat Shinkansen yang melaju dengan kecepatan 542 kilometer/jam. Bukan hanya kecepatannya yang menakjubkan, kereta ini juga menggunakan teknologi magnetically levitated train yang menyebabkan kereta tidak menyentuh permukaan rel, tetapi melayang, walaupun hanya beberapa centimeter di atas permukaan rel.

Kemajuan perekonomian Jepang dapat diuraikan :
1) Pertanian
Wilayah pertanian Jepang sangat sempit, hanya 1/6 dari seluruh wilayah Jepang. Sektor pertanian digarap secara intensif dengan menggunakan sistem mekanisasi. Pada awalnya, Jepang mengimpor beras, tetapi beberapa tahun kemudian menjadi pengekspor. Hal ini terjadi karena turunnya konsumsi beras di dalam negeri sekaligus meningkatnya produksi padi hasil usaha perbaikan dan pemuliaan variates padi.
2) Perikanan
Sektor perikanan di Jepang sangat maju. Ikan diproses hingga pengalengan di dalam kapal induk, kemudian dipasarkan. Mereka juga memelihara tiram untuk industri mutiara, menanam rumput laut, serta memelihara beberapa macam ikan seperti ikan air tawar, ikan tuna, ikan hiu, dan ikan halibut.
3) Industri
Jepang tidak banyak memiliki bahan mentah yang diperlukan industri sebagai bahan baku, namun memiliki sumber daya manusia rajin dan ulet. Oleh karena itu, Jepang mampu merintis sektor perindustrian. Berikut ini adalah daerah-daerah industri yang penting di Jepang.
• Daerah industri Keihin, terletak di sekitar Teluk Tokyo. Industri yang terletak di daerah ini, antara lain, galangan kapal, mobil, besi baja, elektronika, tekstil, percetakan, dan penyulingan minyak.
• Daerah industri Hanshin, terletak antara kota Kyoto-Kobe-Osaka. Industri yang terdapat di daerah ini, antara lain, galangan kapal, mesin penyulingan minyak, mesin mobil, dan besi baja. Kota Osaka merupakan kota penghasil tekstil terbesar di Jepang.
• Daerah industri Chukyo, terletak di sekitar Teluk Ise. Industri yang berkembang di daerah ini, antara lain, pesawat terbang, mesin, tekstil, pupuk, besi baja, mainan anak-anak, jam, otomotif, dan kereta api.
• Daerah industri Kitakyushu, terletak di Pulau Kyushu bagian utara. Di daerah ini berkembang industri besi baja, galangan kapal, penyulingan minyak, kimia, dan industri semen. Industri besi baja terutama terdapat di Iwata, sedangkan galangan kapal di Nagasaki.
Jepang menempati urutan pertama dalam industri perkapalan dan tanker raksasa, urutan ketiga dalam industri baja mentah, serta penghasil sepeda motor yang menguasai pasaran di dunia dan dapat bersaing dengan negara industri yang lain.

Beberapa Negara Maju di Dunia | lookadmin | 4.5