Close Klik 2x

Beberapa Negara Berkembang di Dunia

Advertisement

Beberapa Negara Berkembang di Dunia – Ada beberapa negara di dunia yang dapat digolongkan sebagai negara berkembang, misalnya Nigeria dan Brasil. Bagaimanakah seluk-beluk keberadaan Nigeria dan Brasil? Mari cermati materi pelajaran kali ini.

1. NIGERIA

Nigeria adalah salah satu negara di Benua Afrika yang memiliki kekayaan alam terbesar, yakni minyak bumi. Sayangnya, kemakmuran masyarakat masih menjadi masalah yang serius. Keberadaan minyak bumi bahkan dianggap sebagai sumber petaka masyarakat akibat banyaknya konflik seputar perebutan hak pengelolaan.

Secara geografis, Nigeria terletak di Afrika bagian barat. Nigeria terbentang di antara 50 LU-140LU dan 40 BT-160 BT. Luas wilayahnya sekitar 924.630 kilometer persegi. Adapun batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut :
• Sebelah utara berbatasan dengan negara Niger.
• Sebelah timur berbatasan dengan negara Kamerun dan Chad.
• Sebelah selatan berbatasan dengan Teluk Guinea.
• Sebelah barat berbatasan dengan negara Benin.

Sebagian besar wilayah Nigeria terletak pada daerah cekungan yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Niger. Sungai Niger bermuara di Teluk Guinea yang membentuk delta, luas, dan cocok untuk pertanian karena terdiri dari tanah aluvial. Panjang Sungai Niger mencapai 4.180 kilometer dan merupakan salah satu sungai terpanjang di Afrika. Sungai ini terdiri atas beberapa anak sungai yang membentang dari barat dan timur negeri tersebut, seperti Sungai Gongola dan Sungai Benue.

Wilayah dataran tinggi Nigeria meliputi dua kawasan utama, yaitu Dataran Tinggi Jos dan Dataran Tinggi Adamawa. Gunung Vogel (2.042 meter) merupakan gunung tertinggi di Nigeria. Dataran Tinggi Jos terletak di bagian tengah dengan rata-rata ketinggian mencapai 1.200 meter di atas permukaan laut. Di wilayah ini, mengalir beberapa sungai yang bermuara ke Danau Chad. Dataran Tinggi Adamawa terletak di bagian timur, yaitu pada perbatasan dengan negara Kamerun.

Aktivitas perekonomian Nigeria dapat diuraikan sebagai berikut :
1) Pertanian dan perkebunan
Sebagian besar penduduk Nigeria (70%) mengandalkan kehidupannya dari sektor pertanian, meskipun sebagian wilayah berupa tanah berpasir. Hasil pertanian utama Nigeria adalah ubi jalar, ubi kayu, jagung, kelapa, cokelat, nanas, biji sawit, minyak kelapa sawit, kacang tanah, kapas, dan karet.
2) Peternakan
Peternakan menjadi mata pencaharian sampingan bagi penduduk. Hewan ternaknya berupa sapi dan kambing. Penyakit tidur hewan ternak menjadi masalah serius karena banyak menyebabkan kematian hewan ternak. Penyakit ini disebabkan oleh lalat tse-tse.
3) Pertambangan
Bahan tambang yang dihasilkan, antara lain, minyak bumi, gas alam, batu bara, timah, uranium, dan bijih besi.

2. BRASIL

Brasil dikenal karena dua hal, yaitu sepak bola dan tarian samba. Kedua hal ini sering tidak bisa dipisahkan dalam percakapan masyarakat dunia. Brasil merupakan negara di kawasan Amerika Selatan yang sebagian besar wilayahnya terletak di kawasan Amazon dan tertutup wilayah hutan hujan tropis. Brasil beribukota di Brasilia. dan termasuk negara berkembang.

Secara geografis, wilayah Brasil terletak antara 506’ LU-33045’ LS dan antara 46045’ BB-74003’ BB dengan luas wilayah lebih kurang 8.511.970 kilometer persegi (negara terluas di Amerika Selatan). Adapun batas wilayah Brasil adalah :
• Sebelah utara berbatasan dengan Venezuela, Guyana Inggris, Guyana Belanda (Suriname), Guyana Perancis, dan Samudera Atlantik.
• Sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik.
• Sebelah selatan berbatasan dengan Uruguay.
• Sebelah barat berbatasan dengan Argentina, Paraguay, Bolivia, Peru, dan Kolombia.

Bentang alam Brasil dapat dibedakan menjadi beberapa bagian, yakni :
a) Dataran Tinggi Brasil, terletak di sebelah selatan muara Sungai Amazon. Daerah ini banyak ditumbuhi hutan savana (campos). Selain itu, juga banyak dijumpai sungai, di antaranya Sungai Araguaia, Tocantins, Parnaiba, dan Sao Fransisco.
b) Dataran pantai timur, terletak di sebelah timur dataran tinggi Brasil, merupakan dataran sempit, namun berkembang menjadi pusat perkebunan, industri, pelabuhan, dan permukiman.
c) Daerah pantai selatan, terletak di lereng pegunungan Matigrecia. Di daerah ini banyak terdapat perkebunan.
d) Daerah Aliran Sungai Amazon, terletak di antara Dataran Tinggi Guyana dan Dataran Tinggi Brasil. Sungai Brasil, merupakan sungai terlebar di dunia yang wilayah di sekitarnya dipenuhi hutan tropis (selvas).
e) Lembah Parana-Paraguay, terletak di utara Sungai Amazon dan merupakan batas alam dengan Venezuela, Guyana, Suriname, dan Guyana Prancis. Gunung tertinggi di Brasil terdapat di daerah ini, yaitu Gunung Nebila atau Pico de Neblina (3.014 meter).

Aktivitas perekonomian Brasil dapat diuraikan sebagai berikut :
a) Sektor pertanian Brasil menghasilkan tebu, kapas, tembakau, cokelat, dan kopi. Perkebunan kapas terdapat di Pernambuco dan Recife, tembakau di Sao Fransisco, cokelat terdapat di Sao Fransisco dan Viktoria, sedangkan perkebunan kopi terdapat di Santos dan Sao Paolo.
b) Pertambangan mangan terdapat di daerah Amapa, yaitu sebelah utara lembah Amazon.
c) Peternakan terdapat di Dataran Tinggi Brasil yang berpusat di Cuyaba. Ternak yang diunggulkan adalah sapi.
d) Sektor industri Brasil menghasilkan olahan minyak bumi, besi baja, mobil, kulit, bahan kimia, perkapalan, bahan makanan, tekstil, dan mesin-mesin.

Advertisement
Beberapa Negara Berkembang di Dunia | lookadmin | 4.5