Close Klik 2x

Bahaya Sembarangan Mengorek Telinga

Advertisement

Bahaya Sembarangan Mengorek Telinga – Liang telinga serta gendang telinga termasuk juga organ yang peka. Cuma dengan mengorek-ngoreknya dengan cotton bud atau kertas yang digulung dapat membuatnya terluka. Oleh karena itu janganlah asal-asalan dalam bersihkan kotoran telinga.

Dalam riset yang dikerjakan tim dari Henry Ford Hospital dijelaskan, pemakaian korek kuping (cotton bud) memiliki resiko mengakibatkan kerusakan sisi dalam telinga. Walau demikian bukanlah bermakna kita tidak dapat memakai korek kuping untuk telinga.

Dalam suatu website product cotton bud dijelaskan, “Sebaiknya kita memakai cotton bud dengan gerakan memutar serta lembut dibagian telinga luar tanpa ada masuk liang telinga”.

Bahaya Sembarangan Mengorek Telinga
Bahaya Sembarangan Mengorek Telinga

Peringatan itu baiknya janganlah diabaikan. Memasukkan korek kuping, peniti, atau kapas yang dipuntir kecil, ke liang telinga dapat mengakibatkan masalah pendengaran disebabkan terjepitnya serumin (kotoran telinga berwarna kuning hingga kecokelatan), bahkan juga lebih jelek lagi pecahnya gendang telinga hingga tuli permanen.

“Serumin dengan cara alami bakal melumasi serta membuat perlindungan sisi dalam telinga dari elemen luar, ” kata Rachel Pritzker, pakar dermatologi.

Namun bila Anda mau bersihkan kotoran yang telah menumpuk, Anda dapat meneteskan baby oil atau minyak sayur ke telinga 2 x satu hari sepanjang sekian hari. Kotoran baru dapat dikeluarkan sesudah lunak.

Isilah pipet 100 ml dengan air suam-suam kuku. Ingat, pemakaian air dingin atau panas bisa menyebabkan pusing hebat. Sembari menundukkan kepala, tarik daun telinga ke atas serta belakang untuk meluruskan liang telinga. Sesaat dengan tangan yang lain semprotkan air perlahan ke liang telinga. Kemudian putarlah kepala agar air terbuang. Kerjakan sekian kali hingga sumbatan jatuh keluar.

Lalu keringkan liang telinga dengan handuk atau pengering rambut. Keringkan liang telinga dengan meneteskan alkohol sejumlah satu pipet obat mata ke telinga. Tujuannya agar air terserap serta bakteri dan jamur mati. Lantas miringkan kepala ke segi telinga agar alkohol mengalir keluar.

Itulah Bahaya Sembarangan Mengorek Telinga. Jadi kami menyarankan untuk tetap tidak mengorek telinga anda menggunakan bahan atau permukaan yang keras karena dapat menyebabkan terganggunya pendengaran anda.

Sumber :

 Jangan Sembarangan Mengorek Telinga

Advertisement
Bahaya Sembarangan Mengorek Telinga | lookadmin | 4.5