Bagian-Bagian dan Organ Pada Kulit

Bagian-Bagian dan Organ Pada Kulit – 1. Epidermis

Epidermis terbuat dari epitelium sisik berlapis yang mengandung keratin. Sebagian besar sel epidermal merupakan keratinosit yang menghasilkan protein pelindung bernama keratin. Melanosit menyintesis pigmen melanin yang berperan memberikan warna kulit dan rambut yang berbeda. Warna kulit ditentukan oleh tiga pigmen: melanin, hemoglobin, dan karoten.

2. Dermis

Dermis tersusun dari jaringan ikat yang kuat dan fleksibel, yang terbuat dari lapisan papiler kolagen yang tipis dan superfisial serta serat elastin; dan lapisan retikular yang terbuat dari jaringan ikat yang padat dan tak beraturan. Fungsinya adalah untuk membantali tubuh dari tekanan dan tegangan, memberikan elastisitas pada kulit dan kemampuan merasakan sentuhan dan panas. Pada dermis terdapat akar rambut, kelenjar minyak/sebaseus, kelenjar keringat, reseptor, kuku, dan pembuluh darah.

3. Hipodermis

Hipodermis adalah jaringan subkutan di bawah kulit yang kebanyakan terdiri dari jaringan lemak/adipos yang berfungsi sebagai penyerap dan penyekat kejutan.

Organ-Organ Kulit

1. Kelenjar Keringat

Kelenjar keringat menghasilkan keringat yang membantu mengatur suhu tubuh dengan mengeluarkan panas saat menguap. Kelenjar ini banyak terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan dahi.

2. Kelenjar Minyak
Kelenjar minyak terdapat di seluruh tubuh kecuali pada telapak tangan dan kaki. Kelenjar ini mengeluarkan sebum, zat berminyak hasil sekresi. Kelenjar minyak mengeluarkan sebum ke dalam folikel rambut atau ke pori-pori di permukaan kulit. Sekresi ini distimulasi oleh hormon.

3. Rambut dan Folikel Rambut
Rambut merupakan helaian yang dihasilkan oleh folikel rambut yang terdiri dari sel berkeratin yang mati. Bagian utama rambut adalah batang dan akar. Batang rambut adalah bagian yang terlihat menjulur keluar dari kulit kepala. Pigmen rambut yang disebut melanin terbuat dari melanosit pada pangkal folikel rambut.

4. Kuku
Kuku merupakan modifikasi diperkecil dari epidermis yang membentuk selubung pelindung bening pada ujung sensitif jari tangan dan kaki. Kuku terbuat dari keratin keras dan memiliki ujung bebas, tubuh, dan akar proksimal. Kulit di bawah kuku disebut matriks. Bagian kuku yang lebih besar, disebut lempeng kuku, berwarna merah muda karena adanya jaringan pembuluh darah kecil pada dermis yang ada di bagian bawahnya. Bagian putih berbentuk bulan sabit di dasar kuku disebut lunula.

Fungsi Sistem Integumen

 

1. Proteksi
Kulit bertindak sebagai pembatas kimia. Sekresi kulit melindung kulit dari mikroorganisme berbahaya sedangkan melanin melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Pembatas fisik terdapat pada bagian kulit lainnya, juga kerasnya sel berkeratin yang seolah-olah membuat kulit menjadi kedap air.

2. Mengatur Suhu

Kulit memegang peran penting dalam mengatur suhu tubuh dengan menggunakan kelenjar keringat untuk mendinginkan tubuh, dan penyempitan dermal kapiler untuk mencegah hilangnya panas.

3. Sensasi

Sensasi atau kemampuan merasa dimungkinkan oleh adanya reseptor sensorik kutan yang merupakan bagian dari sistem saraf pada lapisan dermal kulit. Rasa sakit, gatal, hewan merayap pada kulit bisa dirasakan.

4. Sintesis

Kulit memiliki fungsi metabolis yaitu menghasilkan Vitamin D saat terpapar cahaya matahari.

5. Ekskresi

Sejumlah kecil sisa zat nitrogenik diekskresi lewat kulit.

Jenis luka bakar

Ada tiga jenis atau tingkatan luka bakar:

Luka bakar tingkat pertama tergolong ringan dibandingkan dengan yang lainnya. Tingkat ini menyebabkan rasa sakit dan kemerahan pada kulit yang terbakar. Ini merupakan jenis yang tidak begitu serius dan hanya melibatkan lapisan epidermis saja.

Luka bakar tingkat dua sangat mempengaruhi epidermis karena pada tahap ini epidermis musnah dan hangus. Tingkat ini juga mempengaruhi dermis. Luka ini menimbulkan rasa sakit, kemerahan, bengkak, dan lepuh. 

Luka bakar tingkat tiga lebih parah dan memusnahkan dermis juga mempengaruhi organ lainnya, tulang, dan jaringan yang lebih dalam. Luka ini membuat kulit memutih atau menghitam, hangus hingga mungkin menjadi mati rasa. Tingkat ini tergolong serius dan membutuhkan bantuan medis yang cepat.

Bagian-Bagian dan Organ Pada Kulit | lookadmin | 4.5