Close Klik 2x

Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin Lengkap

Advertisement

Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin Lengkap –  Dalam ibadah shalat, ada beberapa aktivitas yang termasuk rukun. Rukun adalah hal yang apabila ditinggalkan maka tidak sah lah shalat seseorang. Rukun ini terbagi lagi kepada 3 bagian: yang pertama rukun qalbi, yaitu hal yang dilakukan dengan menggunakan peran hati, dalam hal ini, rukun qalbi hanya satu saja, yaitu niat. Kedua, rukun qauli, yaitu hal yang dilakukan dengan perkataan, yaitu: takbiratul ihram, membaca alfatihah, membaca tasyahud, membaca shalawat, membaca salam. Ketiga rukun fi’li, yaitu hal  yang dilakukan dengan gerakan fisik, yaitu: berdiri, rukuk, i’tidal, sujud, duduk antara dua sujud dan duduk tasyahud akhir.

Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin Lengkap

Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin Lengkap

Selain rukun, ada pula yang termasuk dalam kategori sunnat. Ada sunnat yang ringan dan ada sunnat yang diberatkan. Sunnat yang ringan ini, tidak mengapa bila ditinggalkan, hanya saja tidak mendapatkan pahala, seperti halnya bacaan iftitah, bacaan tasbih pada tiap rukuk dan sujud. Lain halnya dengan sunat yang diberatkan, seperti duduk tasyahud awal, dan bacaan qunut pada shalat subuh. Apabila ditinggalkan maka hendaklah diganti dengan sujud sahwi di akhir shalat, sebelum dibacakan salam.

Adapun bacaan Doa Qunut itu adalah sebagai berikut:

هَدَيْتَ فِيْمَنْ اهْدِنِىْ اَللّهُمَّ
عَافَيْتَ فِيْمَنْ وَعَافِنِى
تَوَلَّيْتَ  فِيْمَنْ وَتَوَلَّنِىْ
اَعْطَيْتَ  فِيْمَا لِىْ وَبَارِكْ
قََضَيْتَ، شَرَّمَا وَقِنِيْ
عَلَيْكَ يُقْضَى وَلاَ تَقْضِىْ نَّكَ فَاِ
وَالَيْتَ  مَنْ يَذِلُّ لاَ نَّهُ وَاِ
عَادَيْتَ مَنْ يَعِزُّ وَلاَ
وَتَعَالَيْتَ رَبَّنَا تَبَارَكْتَ
قَضَيْتَ مَا عَلَى الْحَمْدُ فَلَكَ
اِلَيْكَ  وَاَتُوْبُ وَاَسْتَغْفِرُكَ
وَسَلَّمَ وَصَحْبِهِ آلِهِ وَعَلَى اْلاُمِّيِّ النَّبِيِّ مُحَمَّدٍ سَيِّدَنَا عَلَى اللهُ وَصَلَّى

Rasanya ada yang kurang apabila kita membaca suatu doa namun tidak mengetahui artinya. Kurang bisa kita hayati bacaannya. Maka, arti dari bacaan doa qunut adalah sebagai berikut:

Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan,
Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan 
Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakanDan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakanDan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Demikianlah bacaan doa qunut. Doa ini dibaca setelah i’tidal rakaat kedua pada pelaksanaan shalat subuh, sebelum sujud. Ada baiknya, saat doa ini dibaca, sertakan juga artinya dalam hati agar lebih menjiwai. Segala bacaan doa ini mengandung kebajikan, yakinlah bahwa Allah Maha mengabulkan segala permintaan hamba-Nya.

Bacaan Doa Qunut Bahasa Arab, Latin Lengkap | lookadmin | 4.5