Close Klik 2x

Aspek tentang Negara Selandia Baru

Advertisement

Aspek tentang Negara Selandia Baru – Setelah mempelajari bahasan ini, kalian akan mengetahui berbagai aspek tentang negara Selandia Baru.

Learn about it!

{SELANDIA BARU}
Apa bentuk pemerintahan negara Selandia Baru ? Bagaimana letak astronomis dan pengaruhnya bagi iklim di Selandia Baru ? Berikut penjelasannya.

Selandia Baru berada di kawasan Australia-Oceania, yakni suatu kawasan yang masih termasuk dalam teritori Benua Australia, namun berada di kawasan sekitar Samudera Pasifik. Selandia Baru terletak di sebelah tenggara Australia, tepatnya 1.600 kilometer dari garis pantai terluar. Wilayah ini pertama kali ditemukan oleh Abel Tasman (1642). Barulah kemudian disusul dengan ekspansi James Cook, seorang Inggris pada 1869. Pasca ekspansi, Selandia Baru menjadi koloni Inggris sebelum mendapat status kemerdekaan pada 1931 sebagai sebuah negara persemakmuran.

Berbagai aspek dari keberadaan Selandia Baru dapat diuraikan sebagai berikut :
1) GEOGRAFIS
Selandia Baru terletak di 340 LS – 480 LS dan 1670 BT – 1780 BT. Di sebelah utara, timur, dan selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik, sementara sebelah baratnya dengan Laut Tasmania. Selandia Baru beribukota di Wellington yang terletak di Pulau sebelah utaranya. Wilayah Selandia Baru terpisah menjadi dua pulau yang dihubungkan oleh Selat Cook. Di sebelah utara, kondisi relief Selandia Baru berupa pegunungan, terutama gunung berapi. Sedangkan di selatan, wilayahnya adalah dataran dengan kondisi tanah yang tandus dan berbukit. Iklim di daerah ini dipengaruhi oleh posisinya yang berada di kawasan Asia Pasifik. Selandia Baru beriklim laut sedang dengan perbedaan suhu yang relatif stabil antara musim panas dan musim dingin.

2) BUDAYA DAN EKONOMI

Kebudayaan di Selandia Baru adalah kebudayaan campuran karena banyaknya kaum pendatang yang bermukim di daerah ini. Penduduknya sebgian besar adalah keturunan Inggris, sedangkan suku aslinya dikenal dengan sebutan ‘Suku Maori’. Keberadaan suku Maori berada pada tahap yang mengkhawatirkan karena rendahnya pertumbuhan populasi mereka setiap tahunnya. Penduduk di Selandia Baru tersebar lebih banyak di daerah Utara karena iklim yang hangat.

Perekonomian Selandia Baru didukung oleh beberapa aktivitas penduduk di bidang pertanian dengan hasil utama berupa gandum, anggur, kentang dan gandum (oats). Peternakan adalah tulang punggung perekonomian Selandia Baru, dengan biri-biri dan domba sebagai ternak utama. Iklim utara yang lebih hangat dan lembab menjadikan hewan jenis ini cocok dibiakkan di wilayah Selandia Baru.

Di bidang perindustrian, dikenal beberapa hasil tambang dari Selandia Baru. Batu bara, minyak bumi, dan emas adalah komoditi utama dari wilayah Selandia Baru. Kota-kota industri yang berkembang di Selandia Baru, antara lain :
• Auckland, dengan hasil tekstil, mesin-mesin, dan pemrosesan bahan makanan.
• Wellington, penghasil tekstil dan pencetak bahan kimia.
• Kaingros, daerah pabrik kertas.
Hasil-hasil perindustrian, pertambangan, dan peternakan Selandia Baru dikirim ke beberapa negara. Komoditas ekspornya, antara lain, daging dan bahan wol atau tekstil.

3) PEMERINTAHAN

Selandia Baru adalah sebuah negara dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional dan sistem demokrasi parlementer. Kepala Negaranya adalah Ratu Elizabeth II (Ratu Inggris) dengan penunjukan Gubernur Jenderal dan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahan. Pemerintahan bertanggung jawab kepada parlemen yang merupakan badan legislatif. Sistem pemerintahan Selandia Baru berulang kali mendapatkan penghargaan sebagai negara dengan kondisi demokrasi terbaik. Hal ini karena masing-masing lembaga dalam hierarki kekuasaan memiliki kontrol terhadap lembaga di atasnya dan dapat menggunakan kekuasaan cadangan untuk melakukan pembubaran atau meminta pengunduran diri bila kondisi-kondisi tertentu terpenuhi.

Beberapa bentuk kerjasama antara negara Selandia Baru dengan Indonesia, antara lain :
1. Penempatan Duta Besar di kedua negara.
2. Bergabungnya Selandia Baru dalam CGI (Consultative Group of Indonesia).
3. Pertukaran keahlian dalam bidang teknologi, seperti pada proyek pembangunan pembangkit listrik geothermal.
4. Pertukaran pelajar dan mahasiswa.

RANGKUMAN

1) Selandia Baru adalah daerah di wilayah Australia-Oceania .
2) Selandia Baru adalah salah satu mitra dagang Indonesia dengan kerjasama di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan.

Advertisement
Aspek tentang Negara Selandia Baru | lookadmin | 4.5