Close Klik 2x

Argumentasi dalam Diskusi Hasil Penelitian

Advertisement

Argumentasi dalam Diskusi Hasil Penelitian – Siswa mampu mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian.

Tujuan

Siswa dapat memberi tanggapan kepada orang lain terhadap presentasi hasil penelitian dalam forum diskusi. .

Pada pelajaran sebelumnya, telah diketahui langkah-langkah membuat ringkasan penelitian, baik penelitian deskriptif maupun eksperimen keduanya perlu memperhatikan struktur dalam meringkas hasil penelitian seperti membaca naskah penelitian asli, menentukan gagasan utama atau ide pokok dan membuat reproduksi.

Berargumentasi atau berkomentar terhadap hasil sebuah karya dalam suatu forum diskusi diperbolehkan karena untuk mengkaji ulang hasil penelitian yang telah dilakukan dan untuk memperjelas maksud dan tujuan serta manfaat dari penelitian yang telah dilakukan.

Argumentasi adalah pemberian alasan, contoh, dan bukti berdasarkan fakta maupun teori atau literatur yang pernah ditemui sehingga peserta diskusi membenarkan pendapat kita.
kita dapat mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap pendapat orang lain.       Akan tetapi, persetujuan dan penolakan tersebut harus bersifat objektif dan disertai alasan yang logis, tidak boleh memihak salah satu pihak karena unsur pribadi. Pendapat harus diungkapkan dalam bahasa santun dan tidak menyinggung.

Beberapa hal yang harus kita perhatikan ketika mengemukakan pendapat.

1. Pertanyaan dan tanggapan yang dikemukakan harus berhubungan dengan masalah yang sedang dibicarakan, jangan keluar jalur.
2. Pertanyaan dan tanggapan dapat mempercepat pemahaman masalah, dan pemecahan masalah.
3. Pertanyaan dan tanggapan tidak boleh mengulangi pendapat yang pernah disampaikan peserta lain.
4. Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan bahasa yang santun.
5. Pertanyaan dan tanggapan disampaikan dengan sikap terbuka dan sopan.
6. Pertanyaan dan tanggapan dapat didukung atau diperjelas dengan gerak, mimik, nada suara, tekanan, dan intonasi.

Perhatikan!

Perhatikan contoh studi kasus di bawah ini!
Kasus:

Pada saat rapat berlangsung, ada salah seorang teman kamu tidak setuju adanya pendapat mengenai “adanya rencana pembongkaran beberapa bangunan bersejarah yang berada di tengah kota yang ada di daerah tempat tinggal kalian”.

Perumusan tanggapan yang kurang tepat:
Ah pendapat itu tidak masuk akal, saya tidak setuju kalau dibongkar begitu saja. Kalau dijual sih tidak masalah.

Perumusan tanggapan yang tepat:
Saya kurang sependapat dengan anda, menurut saya, jika alasan penataan kota mengakibatkan hancurnya bangunan bersejarah maka itu tidak akan berdampak baik pada perkembangan negara kita. Karena dengan adanya tempat-tempat bersejarah Kita akan menjadi bangsa yang besar jika kita menghargai sejarah bangsa sendiri.

Poin Penting

  1. Saat berdiskusi sebaiknya mencatat pokok-pokok pembicaraan selama diskusi berlangsung;
  2. Mencatat hal-hal yang masih kurang jelas;
  3. Mendiskusikan masalah-masalah yang akan dibahas.
  4. Dalam berpendapat sebaiknya menggunakan alasan/argumen yang logis untuk memperkuat gagasan, berdasarkan fakta. menggunakan kalimat efektif; dan memperhatikan kesantunan dalam berbahasa.
Argumentasi dalam Diskusi Hasil Penelitian | lookadmin | 4.5