Close Klik 2x

Aplikasi Gelombang Bunyi dalam Kehidupan

Advertisement

Aplikasi Gelombang Bunyi dalam Kehidupan – Pada topik sebelumnya kalian telah belajar tentang karakteristik bunyi, diantaranya adalah nada dan desah. Alat musik adalah alat yang dapat menghasilkan bunyi dengan frekuensi teratur (nada). Alat musik dapat dikelompokkan dari bentuk sumber bunyinya.

(1) Alat musik yang menggunakan senar atau kawat, misalnya: gitar, biola, harpa.
(2) Alat musik yang menggunakan membran, misalnya: kendang, drum, ketipung, dll.
(3) Alat musik yang menggunakan kolom udara misalnya : seruling, flute, harmonika, dll.

Berdasarkan frekuensinya, bunyi dibagi menjadi tiga jenis, yaitu infrasonik, audiosonik, dan ultrasonik.

Infrasonik

Infrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz. Gelombang infrasonik saat ini digunakan pada seismometer, alat untuk mendeteksi gempa bumi dan digunakan untuk menjangkau objek yang jauh karena potensi untuk hilangnya energi menjadi semakin kecil. Salah satu binatang yang dapat mendengar frekuensi ini adalah burung merpati.

Audiosonik

Audiosonik adalah bunyi yang dapat di dengar manusia dengan frekuensi antara 20 Hz sampai 20000 Hz.

Ultrasonik

Ultrasonik adalah bunyi yang memiliki frekuensi di atas 20000 Hz. Berikut ini merupakan manfaat bunyi ultrasonik. Gelombang ultrasonik biasa dimanfaatkan oleh kelelawar untuk mencari makanan. Sistem navigasi kelelawar kemudian di gunakan pada kapal laut untuk mendeteksi kapal selam di bawahnya, keberadaan ikan, mengukur kedalaman laut, dan lain-lain. Sistem navigasi dengan menggunakan gelombang bunyi disebut SONAR (Sound Navigating and Ranging).

Untuk pengukuran kedalaman laut digunakan metode seperti tampak pada gambar di atas. Awalnya sonar dipancarkan, kemudian setelah mengenai dasar laut sonar tersebut akan dipantulkan kembali, lalu akan ditangkap kembali oleh detektor kapal. Waktu yang digunakan untuk menepuh pantulan sonar adalah tpp. Kedalaman laut dihitung dengan memanfaatkan data cepat rambat bunyi dalam air (v) dan menggunakan rumusan sebagai berikut.

s=vtpp2
Keterangan:
s = jarak tempuh gelombang (m);
v = kecepatan gelombang (m/s); dan
tpp2 = waktu yang dibutuhkan pulang-pergi (s).

Selain sistem sonar, bunyi ultrasonik juga dapat digunakan untuk menghacurkan batu empedu dan batu ginjal sehingga tidak perlu dilakukan operasi atau pembedahan, dan terdapat pada mesin cuci untuk menghilangkan kotoran pada cucian dengan cara digetarkan.

Studio musik memiliki tingkat kebisingan yang cukup tinggi dibandingkan ruangan biasa akibat pemnatulan bunyi di dalamnya. Oleh karena itu, perlu penambahan bahan lunak seperti wool, kapas, dan spons untuk mengurangi gema dan gaung. Penambahan bahan-bahan ini dapat meredam pemantulan bunyi.

Contoh Soal

Sebuah kapal akan mengukur kedalaman laut di suatu daerah menggunakan gelombang bunyi. Jika cepat rambat bunyi di air sebesar 1500 m/s dan waktu yang diperlukan untuk kembali ke kapal adalah 5 sekon. Hitung kedalaman laut di daerah tersebut.
Penyelesaian
Diketahui:
v = 1500 m/s
tpp = 5 s
Ditanyakan: s ?
Jawab:

Jadi, kedalaman laut tersebut adalah 3750 m.

Advertisement
Aplikasi Gelombang Bunyi dalam Kehidupan | lookadmin | 4.5