Apakah yang dimaksud dengan kontak sosial?

Apakah yang dimaksud dengan kontak sosial? – Interaksi sosial hanya dapat berlangsung bila terjadi kontak sosial dan komunikasi. Apakah yang dimaksud dengan kontak sosial? Mari simak bahasan berikut.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai kontak sosial.

Interaksi sosial terjadi karena sebagai makhluk sosial, individu tidak dapat hidup tanpa sesamanya. Untuk memenuhi kebutuhan dan mempertahankan hidupnya, seseorang membutuhkan keberadaan orang lain. Begitu pun saat merasa sedih, kecewa, dan tertekan, individu pasti membutuhkan dukungan dan motivasi dari keluarga maupun sahabat-sahabat terdekat. Bahkan di saat merasa bahagia, takkan lengkap rasanya bila tidak dapat berbagi dengan orang yang dikasihi. Syarat bagi berlangsungnya interaksi sosial ialah adanya kontak sosial (social contact) dan komunikasi (communication).

Menurut Soerjono Soekanto (2005), kata ‘kontak’ berasal dari bahasa Latin, ‘con’ atau ‘cum’ (yang artinya bersama-sama) dan ‘tango’ (yang artinya menyentuh). Jadi, secara etimologis, kontak sosial dapat dimaknai sebagai bersama-sama menyentuh. Dalam hal ini, kontak hanya terjadi bila ada hubungan fisik. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini orang dapat melakukan kontak meskipun tanpa adanya hubungan fisik. Sebut saja misalnya dengan menggunakan telepon, pesan singkat (SMS), atau jejaring sosial dunia maya seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya.

Sehubungan dengan adanya berbagai perkembangan tersebut, umumnya disepakati bahwa kontak sosial merupakan aksi seseorang atau sekelompok orang yang mendapatkan reaksi dari orang atau kelompok lain, baik secara fisik atau pun non-fisik, langsung maupun tidak langsung.

Menurut prosesnya, kontak dapat dibedakan atas:
• Kontak primer, terjadi apabila berlangsung secara berhadapan atau bertatap muka. Contohnya, berjabat tangan, saling tersenyum, bertukar pandang, dan sebagainya.
• Kontak sekunder, apabila kontak yang berlangsung dilakukan melalui perantara atau media. Contohnya, seseorang melakukan kontak dengan sahabat lamanya dengan surat elektronik (e-mail), yang kemudian mendapat tanggapan dari pihak yang dituju.

Sedangkan menurut sifatnya, kontak terdiri dari:

• Kontak positif yakni bentuk kontak yang mengarah pada suatu kerja sama. Contohnya, dengan sikap ramah dan sopan, seorang anggota panitia Pentas Seni mengajukan proposal permohonan bantuan dana kepada pimpinan sebuah perusahaan. Pengajuan tersebut lantas ditanggapi dengan kesediaan pimpinan perusahaan bersangkutan untuk menjalin kerja sama dan memberikan bantuan sejumlah dana sebagai bentuk partisipasi.
• Kontak negatif, yang mengarah pada suatu pertentangan atau sama sekali tidak menghasilkan interaksi sosial. Contohnya, seorang cucu mencoba berbincang dengan neneknya yang telah rabun dan kehilangan pendengaran akibat usia tua. Aksi yang dilakukan tersebut pastinya tidak akan mendapat reaksi, karena nenek itu tidak dapat mendengar atau melihat isyarat yang disampaikan oleh cucunya.

RANGKUMAN

1) Syarat bagi berlangsungnya interaksi sosial ialah adanya kontak sosial (social contact) dan komunikasi (communication).
2) Kontak sosial merupakan aksi seseorang atau sekelompok orang yang mendapatkan reaksi dari orang atau kelompok lain, baik secara fisik atau pun non-fisik, langsung maupun tidak langsung.

Apakah yang dimaksud dengan kontak sosial? | lookadmin | 4.5