Close Klik 2x

Apakah yang dimaksud dengan komunikasi?

Advertisement

Apakah yang dimaksud dengan komunikasi? – Interaksi sosial hanya dapat berlangsung bila terjadi kontak sosial dan komunikasi. Apakah yang dimaksud dengan komunikasi? Mari simak bahasan berikut.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah mempelajari bahasan ini, kalian diharapkan mampu memahami mengenai komunikasi.

Dalam kajian Sosiologi, komunikasi adalah sebuah proses memaknai yang dilakukan oleh seseorang terhadap informasi, sikap, dan perilaku orang lain yang berbentuk pengetahuan, pembicaraan, gerak-gerik, dan perasaan-perasaan, sehingga memungkinkan seseorang membuat tanggapan terhadapnya berdasarkan pada pengalaman yang dimiliki.

Tujuan komunikasi adalah berhubungan dan mengupayakan agar orang lain memahami apa yang hendak disampaikan demi mencapai tujuan tertentu. Adapun unsur-unsur dalam komunikasi ialah komunikator (pihak yang memulai berkomunikasi), pesan (sesuatu yang hendak disampaikan), media (saluran untuk menyampaikan pesan), komunikan (pihak yang dituju sebagai sasaran komunikasi), dan tanggapan (reaksi dari komunikan sebagai tafsiran atas pesan).

Komunikasi, pada hakekatnya, dapat dibedakan atas:
1) Komunikasi verbal, meliputi kata-kata yang diucapkan atau tertulis.
2) Komunikasi non-verbal, yakni penyampaian pesan tanpa kata-kata, hanya menggunakan gerak tubuh. Yang termasuk komunikasi non-verbal, di antaranya:

• Ekspresi wajah
Wajah merupakan sumber yang kaya dengan pesan, karena ekspresi wajah mampu mencerminkan suasana emosi seseorang.

• Kontak mata
Kontak mata merupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi atau tanya jawab, berarti orang tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan.

• Sentuhan
Sentuhan adalah bentuk komunikasi personal mengingat sentuhan lebih bersifat spontan dibanding komunikasi verbal. Beberapa pesan seperti perhatian yang sungguh-sungguh, dukungan emosional, kasih sayang atau simpati dapat dilakukan melalui sentuhan.

• Postur tubuh dan gaya berjalan
Cara seseorang berjalan, duduk, berdiri dan bergerak memperlihatkan ekspresi dirinya. Postur tubuh dan gaya berjalan merefleksikan emosi, konsep diri, dan tingkat kesehatannya.

• Suara
Rintihan, desahan, tarikan nafas panjang, ataupun tangisan juga merupakan bentuk ungkapan perasaan dan pikiran seseorang yang dapat dijadikan pesan dalam komunikasi.

• Gerak isyarat
Gerak isyarat dapat memberikan kesan kepada orang lain. Menggunakan isyarat sebagai bagian total dari komunikasi seperti mengetuk-ngetukkan kaki atau meremas tangan selama berbicara mengesankan bahwa seseorang dalam keadaan tertekan, bingung, atau berupaya menyembunyikan sesuatu.

Selain itu, komunikasi juga dapat dibagi atas beberapa jenis berdasarkan sejumlah kriteria berikut :

1) Menurut prosesnya

• Komunikasi langsung, yang terjadi bila komunikator dan komunikan bertemu secara langsung sehingga komunikasi berlangsung tanpa perantara. Pesan yang disampaikan komunikator dapat langsung memperoleh tanggapan dari komunikan.

• Komunikasi tidak langsung, yakni apabila pesan dari komunikator disampaikan melalui perantara media komunikasi kepada komunikan.

2) Menurut arahnya

• Komunikasi satu arah, yaitu bentuk komunikasi yang tidak memungkinkan adanya tanggapan dari komunikan. Pesan dikirim oleh komunikator kepada komunikan tanpa ada umpan balik.
• Komunikasi dua arah, yakni bentuk komunikasi yang memungkinkan adanya tanggapan dari komunikan, baik secara langsung ataupun tidak.

3) Menurut sifatnya

• Komunikasi bebas, yaitu bentuk komunikasi yang tidak terikat pada aturan-aturan formal. Pihak-pihak yang berkomunikasi hanya diikat oleh tata krama dalam pergaulan saja.

• Komunikasi fungsional, yakni bentuk komunikasi yang terikat dan dibatasi oleh aturan-aturan formal.

4) Menurut sasarannya

• Komunikasi individual, yaitu komunikasi yang berlangsung antar individu. Pesan dari komunikator ditujukan kepada satu atau beberapa komunikan yang umumnya telah dikenal.

• Komunikasi massal, dimana pesan dari komunikator ditujukan kepada masyarakat luas sebagai komunikannya.

RANGKUMAN

1) Dalam kajian Sosiologi, komunikasi adalah sebuah proses memaknai yang dilakukan oleh seseorang terhadap informasi, sikap, dan perilaku orang lain yang berbentuk pengetahuan, pembicaraan, gerak-gerik, dan perasaan-perasaan, sehingga memungkinkan seseorang membuat tanggapan terhadapnya berdasarkan pada pengalaman yang dimiliki.

Apakah yang dimaksud dengan komunikasi? | lookadmin | 4.5