Close Klik 2x

Amanat Puisi

Advertisement

Amanat Puisi – Setiap karya yang diciptakan pasti memiliki tujuan, misalnya memberikan pesan, informasi, pengetahuan, atau menghibur (rekreatif). Begitu juga puisi, puisi diciptakan pasti menyampaikan pesan, informasi, pengetahuan, atau menghibur penikmat puisi. Semakin banyak puisi yang kita baca, semakin banyak pula pengetahuan dan informasi yang kita peroleh. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa amanat adalah pesan moral penulis yang disampaiakan kepada pembaca.

Pengenalan dan pengetahuan itu dapat meningkatkan kemampuan kita memahami berbagai segi kehidupan manusia atau alam dan perasaan serta pencipta. Pengenalan dan pengetahuan itu juga dapat meningkatkan kemampuan kita menangkap hal-hal yang baik atau kurang baik (nilai-nilai) dalam berbagai segi kehidupan. Orang yang lebih mampu memahami dan menangkap nilai-nilai dalam berbagai segi kehidupan manusia atau alam adalah orang yang memiliki pengertian yang baik, biasanya bersikap wajar, rendah hati, kritis, bijaksana, dalam menghadapi kelemahan dan kekuatan manusia (Efendi, 2002:222).

Agar kita bisa menangkap pengetahuan, informasi, dan pesan perlu mengetahui makna puisi terlebih dahulu.

Contoh:

Amanat yang terdapat dalam puisi dapat memperkaya jiwa manusia. Dapat menjadikan manusia yang bijaksana, menghargai oranglain, dan berbudi luhur.

Amanat Puisi | lookadmin | 4.5