Alkana dan Alkina

Alkana dan Alkina  Alkana dan alkina adalah hidrokarbon alipatik tidak jenuh yang paling sederhana  yang mengandung banyak satu ikatan karbon. Itu dapat berupa rantai terbuka atau senyawa cyclic.

Alkana

Alkana yang paling sederhana mempunyai satukarbon – ikatan ganda karbon. Mereka mempunyai dua atom hidrogen kurang dari hidrogen jenuh yang sesuai.  Formula umum alkana adalah CnH2n.

Alkana dinamakan dengan menggabungkan akar kata dengan akhiran ‘ana’. 

Alkana juga dikenal sebagai olefins karena because anggota lebih rendah dari seri membentuk produk minyak dengan gas klorin. Alkana tersederhana adalah etana, C2H4 atau CH2=CH2. 

Alkana kedua adalah propana, C3H6 or CH2=CH.CH3. Etana dan propana hanya mempunyai satu struktur. Tetapi tergantung pada posisi ikatan ganda, alkana yang lebih tinggi dapat mempunyai struktur yang berbeda yang disebut isomer. 

Butana mempunyai dua isomer: CH2=CH.CH2.CH3, but-1-ene dan CH3.CH=CH.CH3, but-2-ene.

Peraturan penamaan Alkana

  1. Identifikasikan rantai karbon terpanjang yang mengandung karbon – ikatan ganda karbon.
  2. Jumlah atom karbon dengan cara yang sedemikian rupa dimakan ikatan ganda mempunyai nomor terendah.
  3. Tulis akar kata, hypen, posisi ikatan ganda, hypen, dan akhiran ‘ana’.

Contoh: Nama alkana berikut

Atom karbon seharusnya dinomori dari kanan ke kiri sehinggan ikatan ganda mempunyai nomor terendah. Posisi ikatan ganda adalah 2, akar kata adalah ‘pent’ (karena keberadaan 5 atom karbon) dan akhiran ‘ana’. Karenanya nama alkana di atas adalah pent-2-ana.

Alkynes

Alkynes yang paling sederhana mempunyai satu karbon – ikatan tripel karbon. Mereka mempunyai empat atom hidrogen kurang dari hidrokarbon jenuh yang sesuai. Formula umum alkynes adalah CnH2n-2.

Alkynes dinamakan dengan menggabungkan akar kata dengan akhiran ‘yne’. 

Anggota pertama alkyne is ethyne dan formulanya adalah C2H2, anggota kedua adalah propyne, C3H4. Keduanya hanya mempunyai satu struktur, tetapi tergantung pada posisi ikatan tripel, seperti alkenes, alkynes yang lebih tinggi dapat mempunyai struktur yang berbeda atau isomer.  

Peraturan untuk Penamaan Alkynes

  1. Identifikasikan rantai karbon terpanjang yang mempunyai karbon – ikatan tripel karbon.
  2. Jumlah atom karbon dalam cara dimana ikatan triple mempunyai angka terendah.
  3. Tulis akar kata, hypen, posisi ikatan tripel, hypen, dan akhiran ‘yne’.

Contoh: Nama alkyne berikut.

Atom karbon seharusnya dinomori dari kanan ke kiri sehingga ikatan tripel mempunyai nomor terendah. Posisi ikatan tripel adalah1, akar akata adalah ‘but’ (karena keberadaan 4 atom karbon) dan akhiran ‘yne’. Karenanya nama alkyne di atas adalahs but-1-yne.

Itulah artikel Alkana dan Alkina. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda, baca juga artikel terkait lainnya.

Alkana dan Alkina | lookadmin | 4.5