Alat-Alat Optik dalam Kehidupan

Alat-Alat Optik dalam Kehidupan – Pada topik sebelumnya, kalian telah belajar tentang pembiasan pada prisma. Pada topik ini kalian akan belajar tentang alat-alat optik yang ada dalam kehidupan. Berikut ini merupakan macam-macam alat optik yang ada dalam kehidupan.

1. Lup

Lup adalah lensa cembung yang digunakan untuk memperbesar bayangan benda-benda yang berukuran sangat kecil. Lup menghasilkan bayangan yang bersifat maya, tegak, dan diperbesar. Oleh karena itu, benda yang diamati harus berada diantara lup dan titik fokus lup. Pengamatan dengan lup dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu mata berakomodasi maksimum dan mata tak berakomodasi. Pengamatan dengan mata tak berakomodasi terjadi saat benda diletakkan di titik fokus lup, sedangkan pengamatan mata berakomodasi maksimum terjadi saat benda diletakkan diantara lup dengan titik fokus lup.

2. Kamera

Kamera adalah alat optik yang digunakan untuk merekam bayangan. Kemudian bayangan tersebut disimpan pada film atau data digital seperti CD. Alat optik utama pada kamera adalah lensa cembung dan biasa disebut dengan lensa objektif. Bayangan yang dihasilkan oleh kamera adalah nyata, diperkecil, dan terbalik. Benda yang ditangkap oleh lensa kamera harus diletakkan lebih dari dua kali jarak fokus objektifnya.

Bagian-bagian dari kamera dan fungsinya adalah sebagai berikut.

a. Lensa cembung berfungsi membentuk bayangan.
b. Diafragma berfungsi mengatur jumlah cahaya yang mengenai film.
c. Film berfungsi menangkap atau merekam bayangan yang dibentuk oleh lensa cembung.
d. Fokus kamera berfungsi menyesuaikan jarak bayangan dengan jarak benda.
e. Shutter berfungsi mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam lensa.

3. Mata

Mata adalah alat optik yang dimiliki oleh makhluk hidup. Berikut ini merupakan bagian-bagian mata.

a. Kornea

Berfungsi sebagai pelindung lensa mata dan pembias cahaya yang masuk ke dalam mata.

b. Iris

Berfungsi untuk mengatur besar kecilnya pupil.

c. Pupil

Pupil berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata. Jika cahaya terang, maka lingkaran pupil akan mengecil dan jika ditempat gelap, maka lingkaran pupil akan melebar.

d. Lensa Mata

Lensa mata berbentuk lensa cembung, berfungsi untuk membiaskan cahaya dari benda yang masuk ke dalam mata dan membentuk bayangan. Bayangan lensa bersifat nyata, diperkecil dan terbalik.

e. Retina

Retina berfungsi untuk menangkap bayangan yang dilihat oleh mata. Proses terjadinya bayangan pada mata adalah seberkas cahaya dari suatu benda masuk melalui lensa mata sehingga mengalami pembiasan. Bayangan yang dibentuk oleh lensa mata adalah nyata, terbalik, dan diperkecil.

4. Mikroskop

Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk mengamati (memperbesar bayangan) benda-benda renik seperti bakteri, virus, kuman, dan sebagainya. Mikroskop terdiri dari lensa objektif dan lensa okuler. Kedua lensa tersebut adalah lensa cembung. Benda yang diamati menggunakan mikroskop, diletakkan diantara titik fokus dan pusat kelengkungan lensa objektif. Bayangan yang dihasilkan dari mikroskop bersifat maya, terbalik, dan diperbesar. Berikut ini merupakan gambar pembentukan bayangan pada mikroskop.

5. Teropong

Teropong atau teleskop adalah alat yang digunakan untuk mengamati benda-benda berjarak sangat jauh seperti bintang dan planet. Teropong terdiri dari dua lensa yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Lensa objektif adalah lensa cembung besar dengan fokus yang panjang, sedangkan lensa okuler adalah lensa yang dapat digerak-gerakkan dan memiliki panjang fokus yang relatif pendek. Bayangan yang dihasilkan dari teropong bersifat maya, terbalik, diperbesar, dan tampak lebih dekat. Berikut ini merupakan macam-macam teropong dan teleskop.

a. Teropong bintang (astronomi)

Teropong bintang adalah teropong yang biasa digunakan oleh para peneliti antariksa untuk melihat kedudukan bintang-bintang.

b. Teropong bumi

Berfungsi untuk melihat benda-benda yang jauh dari permukaan bumi. Teropong bumi terdiri dari tiga lensa, yaitu lensa objektif, lensa okuler, dan lensa pembalik. Lensa pembalik digunakan untuk mendapatkan bayangan yang tegak sesuai dengan keadaan di bumi.

c. Teropong Prisma

Teropong ini tidak memakai lensa pembalik. Lensa pembalik diganti dengan dua buah prisma.

d. Periskop

Periskop berfungsi untuk mengintai kapal-kapal musuh atau melihat benda di permukaan laut. Periskop terdiri dari lensa cembung objektif, dua buah prisma siku-siku sama kaki, dan lensa cembung okuler.

e. Teleskop Bias

Teleskop bias, terdiri dari lensa objektif dan okuler. Bayangan tepat jatuh di titik fokus yang bersifat maya, terbalik, dan diperbesar.

f. Teleskop Pantul

Teleskop pantul terdiri dari cermin cekung, cermin datar, dan lensa cembung untuk mengumpulkan dan memfokuskan cahaya dari benda jauh.

Alat-Alat Optik dalam Kehidupan | lookadmin | 4.5