Close Klik 2x

10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Advertisement

10 Manfaat buah apel bagi kesehatan – Apel adalah jenis buah-buahan yang biasanya berwarna merah, tetapi ada juga apel yang berwarna hijau dan kuning. Kulitnya agak lembek, daging buahnya keras dan memiliki beberapa biji di dalamnya.

Buah apel memiliki nama latin Pyrus malus dan termasuk dalam keluarga Rosaceae. Selain rasanya yang enak, manis dan menyegarkan, ternyata buah apel juga kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Hampir semua orang tentu tak asing lagi dengan bentuk dan rasa apel itu sendiri. Buah ini banyak tersedia di pasar, supermarket atau tempat perbelanjaan yang lebih besar. Karena di golongkan kedalam buah-buahan, maka apel tentunya mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang sangat

10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

berperan penting dalam meningkatkan kualitas kesehatan tubuh seseorang.
Jadi tak mengherankan, masyarakat modern pada zaman sekarang selalu menyelingi berbagai macam buah yaitu termasuk apel dalam menu hariannya . Tips kesehatan kali ini akan mengungkap berbagai manfaat buah apel bagi kesehatan.

Berikut ini 10 manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh anda :

Merawat kesehatan kulit

Nutrisi yang terkandung dalam buah apel bisa merawat kulit, bahkan bukan cuma kulit tubuh tetapi juga bisa merawat kulit wajah sehingga banyak orang yang menggunakan buah apel untuk obat jerawat.

Mencerdaskan otak

Selain untuk mencegah pikun, buah apel juga bisa mencerdaskan otak karena mengandung Asetilkolin di dalamnya.

Merawat gigi

Gigi anda akan lebih bersih apabila sering mengkonsumsi buah apel karena bakteri yang merusak gigi bisa hilang dengan mengkonsumsi buah apel.selain itu menggigit dan mengunyah apel juga mampu merangsang produksi air liur dalam mulut. Hal ini akan mengurangi kemungkinan gigi keropos.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Ini dikarenakan, kandungan antioksidan yang bernama quercetin pada buah apel dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh, agar seseorang tidak mudah sakit pada saat kondisi cuaca tidak bersahabat.

Mencegah Katarak

Penelitian jangka panjang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi diet buah kaya antioksidan seperti apel memiliki risiko terkena katarak 10 – 15 persen lebih sedikit.

Menurunkan Risiko Kanker

Peneliti di Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa bernama triterpenoids yang terdapat pada kulit apel. Senyawa ini diketahui mampu menghambat pertumbuhan sel kanker lever, usus besar, dan kanker payudara.

Mencegah penyakit sistem pencernaan

Mengkonsumsi dua buah apel setiap hari dapat membantu mencegah penyakit pada sistem pencernaan, seperti konstipasi dan diare. Hal ini karena serat dalam apel membantu menyerap air dalam usus dan melancarkan sistem pencernaan.

Mengobati dan mencegah penyakit asma

Menurut penelitian, anak-anak yang sering minum jus apel tidak terserang penyakit asma.

Pencegah Penyakit Diabetes

Buah apel bisa dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengatasi diabetes. Caranya, ambil satu buah apel yamg sudah masak ukuran sedang. Kemudian belah menjadi empat bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga airnya tinggal 2 gelas. Saring airnya, kemudian diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Membuat Organ Jantung Lebih Sehat.

Ini dikarenakan, adanya kandungan senyawa fenolik yang terdapat pada kulit apel. Untuk itulah, Cucilah dulu dengan air yang mengalir, sebelum makan buah apel beserta kulitnya.

Ternyata selain enak, apel memiliki banyak manfaat yang besar buat kesehatan dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit. Maka sudah selayaknya anda menyediakan buah yang satu ini untuk konsumsi sehari-hari bersama keluarga tercinta.

10 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan | lookadmin | 4.5